Gambaran Resiliensi Keluarga pada Etnis Tionghoa di Kalimantan Barat (Studi Deskriptif pada Keluarga Tionghoa di Pontianak)

Novy, Novy (2022) Gambaran Resiliensi Keluarga pada Etnis Tionghoa di Kalimantan Barat (Studi Deskriptif pada Keluarga Tionghoa di Pontianak). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text.pdf

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran resiliensi keluarga ditinjau dari pola pada masing-masing dimensi pembentuk resiliensi keluarga dan bentuk resiliensi keluarga etnis Tionghoa di Pontianak. Resiliensi keluarga adalah kemampuan bertahan dan bangkit dari krisis sebagai suatu unit fungsional. Resiliensi keluarga terdiri dari tiga dimensi, yaitu sistem keyakinan keluarga, pola organisasi, dan proses komunikasi. Karateristik subyek penelitian ini adalah keluarga etnis Tionghoa yang berdomisili di Pontianak, terdiri dari sepasang suami istri yang masih terikat akan pernikahan dan merupakan pernikahan pertama beserta anak mereka dengan kriteria remaja minimal sedang menempuh pendidikan di kelas 1 SMA atau sederajat dan mereka tinggal bersama. Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah 35 keluarga etnis Tionghoa di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif non-eksperimental dengan teknik deskriptif. Data yang diperoleh diolah dengan SPSS 17.00, khususnya menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa tingkat resiliensi keluarga etnis Tionghoa di Pontianak cenderung tinggi. Skor resiliensi keluarga yang cenderung tinggi tersusun atas level dimensi yang beragam. Keberagaman level dimensi penyusun resiliensi keluarga membuat keluarga berpotensi untuk mencapai resiliensi yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Resiliensi Keluarga, Etnis Tionghoa, Pontianak, Kalimantan Barat
Uncontrolled Keywords: Widya Risnawaty, M.Psi.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 Jul 2022 05:57
Last Modified: 06 Jul 2022 05:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36767

Actions (login required)

View Item View Item