Gambaran Attachment Anak pada Ibunya (Studi Kasus pada Anak Kedua yang Diikutsertakan dalam Child Daycare)

Theresa, Theresa (2022) Gambaran Attachment Anak pada Ibunya (Studi Kasus pada Anak Kedua yang Diikutsertakan dalam Child Daycare). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text.pdf

Download (361kB)

Abstract

Child daycare telah menjadi bagian dari kebutuhan yang melengkapi kehidupan keluarga dan anak. Pada umumnya, daycare ditujukan untuk anak dengan orang tua yang bekerja. Ibu yang memiliki anak setelah kelahiran pertama (laterborn) memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk menitipkan anak ke daycare. Kecenderungan anak laterborn diikutsertakan di daycare dipengaruhi oleh berkurangnya antusiasme dan perhatian orang tua pada anak setelah kelahiran pertama. Kehadiran daycare itu sendiri memiliki pro dan kontra. Daycare memberikan stimulasi perkembangan kognitif dan bahasa. Namun di sisi lain, daycare diketahui dapat mengurangi kedekatan dan ikatan anak–ibu, yang disebut dengan attachment. Penelitian ini menggali gambaran attachment anak laterborn yang diikutsertakan dalam daycare. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa wawancara dan observasi (strange situation dan Attachment Q-sort). Pengambilan data dilakukan dari bulan Januari 2012 sampai April 2012, di Jakarta. Subjek penelitian adalah tiga ibu beserta anaknya dengan rentang usia satu sampai tiga tahun. Diketahui dua dari tiga subjek mengalami insecure attachment. Attachment yang terbentuk diketahui juga dipengaruhi oleh penempatan anak di daycare dan juga kualitas pengasuhan dari ibu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Debora Basaria, M.Psi
Uncontrolled Keywords: Tempat Penitipan/Pengembangan Anak, Child Daycare, Attachment, Anak setelah kelahiran pertama
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 Jul 2022 08:43
Last Modified: 06 Jul 2022 08:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36772

Actions (login required)

View Item View Item