Gambaran konsep diri pada anak masa kanak-kanak pertengahan yang menjadi pelaku bullying

Purnamasari, Intan (2022) Gambaran konsep diri pada anak masa kanak-kanak pertengahan yang menjadi pelaku bullying. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text.pdf

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran konsep diri anak masa kanak-kanak pertengahan yang menjadi pelaku bullying. Bullying adalah perilaku agresif yang tersembunyi dalam bentuk kenakalan anak-anak yang dilakukan berulang-ulang oleh seseorang atau sekelompok siswa yang memiliki kekuasaan terhadap siswa/i lain yang lebih lemah dengan tujuan untuk mengintimidasi dan menyakiti (Riauskina, Djuwita, & Soesetio, 2005). Berbagai perilaku menyimpang yang dilakukan oleh anak disebabkan oleh minimnya pemahaman anak mengenai konsep diri yang positif, yaitu sifat saling menghargai, berempati, saling menghormati. Sebaliknya, anak justru akrab dengan hal-hal negative seperti kekerasan, kebohongan, egois, dan lainnya (Bukhmin, 2008). Konsep diri adalah gambaran diri total seseorang yang terbentuk dari pengalaman hidup seseorang yang menyangkut aspek fisik, psikologis, dan sosial. Subyek penelitian ini adalah 3 (tiga) orang siswa/i usia 6-11 tahun, yang menjadi pelaku bullying. 2 (Dua) dari 3 (tiga) subyek berasal dari SD negeri, dan lainnya berasal dari SD swasta. Hasil penelitian menunjukan bahwa masing-masing subyek telah dapat mengidentifikasi konsep diri masing-masing dimana terdapat perbedaan dan keunikan dalam konsep diri yang dimiliki masing-masing sebagai seorang pelaku bullying.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Niken Widiastuti. M.Si., Psi
Uncontrolled Keywords: Konsep diri, Bullying, dan anak usia masa kanak-kanak pertengahan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 07 Jul 2022 04:52
Last Modified: 07 Jul 2022 04:52
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36783

Actions (login required)

View Item View Item