Pengembangan Norma Baru Instrumen Needs / Kebutuhan Edwards Personal Preference Schedule (EPPS) (Studi Pada Partisipan Remaja di Jakarta)

Pranajayawan, Aristianto Yuwono (2022) Pengembangan Norma Baru Instrumen Needs / Kebutuhan Edwards Personal Preference Schedule (EPPS) (Studi Pada Partisipan Remaja di Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text.pdf

Download (190kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengembangan norma baru EPPS berdasarkan data partisipan 3 tahun terakhir (2010-2012), dikarenakan kesalahan penggunaan norma pada kelompok usia yang tidak sesuai. proses mencapai tujuan tersebut dilakukan dengan 3 tahap, yaitu dengan mendapatkan gambaran skor rata-rata data partisipan 3 tahun terakhir, kemudian akan dibandingkan dengan skor rata-rata norma EPPS tahun 1975. Terakhir, akan dibuat norma EPPS yang baru. Proses pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik incidential sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari data partisipan 3 tahun terakhir, needs yang memiliki skor rata-rata tinggi adalah Achievement, Affiliation, Intraception, Abasement, Nurturance, Change, Endurance, Exhibition, dan Dominance. Needs yang memiliki skor rata-rata sedang adalah Succorance. Sedangkan needs yang memiliki skor rata-rata rendah adalah Deference, Order, Autonomy, Heterosexuality, dan Aggresion. Hasil perbandingan antara skor rata-rata norma EPPS tahun 1975 dengan skor rata-rata data partisipan 3 tahun terakhir menunjukkan bahwa perbedaan yang signifikan terdapat pada seluruh needs. Dari hasil ini, maka penulis membuat dan mengajukan norma EPPS baru berdasarkan pada data partisipan 3 tahun terakhir yang berusia remaja dan sedang menempuh pendidikan formal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Putu Tommy Y. S. Suyasa, M.Si., Psi. & Denrich Suryadi, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: Edwards Personal Preference Schedule, EPPS, dan Norma
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 07 Jul 2022 07:53
Last Modified: 07 Jul 2022 07:53
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36790

Actions (login required)

View Item View Item