Pemberian Dukungan Sosial Keluarga terhadap Individu Lanjut Usia yang Mengidap Penyakit Jantung (Studi terhadap pemberian dukungan sosial keluarga pada indiviu lanjut usia yang mengidap penyakit jantung)

Soebagio, Silvia Estherina (2022) Pemberian Dukungan Sosial Keluarga terhadap Individu Lanjut Usia yang Mengidap Penyakit Jantung (Studi terhadap pemberian dukungan sosial keluarga pada indiviu lanjut usia yang mengidap penyakit jantung). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
SKRIPSI 1.pdf

Download (122kB)

Abstract

Ketika individu mulai memasuki usia lanjut, maka individu tersebut lebih rentan terhadap penyakit. Penyakit jantung dapat menyebabkan menurunnya kondisi fisik dan mental yang dapat membuat perasaannya menjadi lemah, tidak berdaya, tidak berguna, dan putus asa sehingga menyulitkan dirinya untuk menjalani aktivitas kehidupannya sehari-hari. Untuk dapat memperoleh kondisi fisik yang lebih sehat serta kondisi mentalnya merasa sejahtera, aman, dan nyaman dalam menghadapi penyakit yang dideritanya, individu membutuhkan dukungan dan perawatan dari keluarganya, terutama dari istri dan anaknya. Pemberian dukungan dan perawatan diyakini akan sangat membantu untuk memulihkan kondisi fisik dan mentalnya, serta mempercepat kesembuhannya. Dukungan yang diberikan antara lain dukungan emosional, penghargaan, instrumental, informasional, integrasi sosial atau jaringan, active engagement, dan protective buffering. Sedangkan perawatan yang dapat diberikan antara lain home care, adult day care, hospice care, formal health care, informal care, self care, primary prevention, secondary prevention, dan tertiary prevention. Pada hasil penelitian ditemukan bahwa bentuk-bentuk dukungan dan perawatan tersebut sangat berguna dalam merawat individu lanjut usia yang mengidap penyakit jantung. Penelitian dilakukan terhadap dua keluarga yang ada di Jakarta pada tanggal 31 Mei 2007 sampai dengan 22 Oktober 2007.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Meiske Y. Suparman, M. Psi.
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial Keluarga, Individu Lanjut Usia, Penyakit Jantung
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 13 Jul 2022 06:16
Last Modified: 13 Jul 2022 06:16
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36842

Actions (login required)

View Item View Item