Perbedaan antara Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru yang Memiliki Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert dalam Lingkungan Perkuliahan

Gan, Silvia (2022) Perbedaan antara Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru yang Memiliki Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert dalam Lingkungan Perkuliahan. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
DAFTAR ISI (2).pdf

Download (224kB)

Abstract

Penyesuaian diri adalah suatu proses perubahan yang dilakukan individu untuk dapat diterima oleh orang lain atau lingkungannya. Tipe kepribadian adalah suatu pola di dalam diri individu yang terus berkembang dan mencerminkan diri individu tersebut. Tipe kepribadian ekstrovert adalah tipe kepribadian yang cenderung mengorientasikan dirinya ke obyek-obyek yang ada di luar diri individu. Tipe kepribadian introvert adalah tipe kepribadian yang cenderung mengorientasikan dirinya ke dalam diri individu itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kejelasan mengenai perbedaan penyesuaian diri mahasiswa baru berdasarkan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert dalam lingkungan perkuliahan. Pengambilan data menggunakan kuesioner pada 200 mahasiswa baru, dan dianalisis dengan menggunakan metode t-test for independent sample dengan bantuan program SPSS 13. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penyesuaian diri mahasiswa baru berdasarkan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert dalam lingkungan perkuliahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: P. Sandi Kartasasmita, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: penyesuaian diri, tipe kepribadian, mahasiswa baru
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:06
Last Modified: 13 Jul 2022 07:06
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36848

Actions (login required)

View Item View Item