Perancangan interior museum benteng heritage dengan pendekatan tata ruang interaktif untuk meningkatkan minat wisatawan (DI - 2319)

Kusuma, Joanne Puteri (2022) Perancangan interior museum benteng heritage dengan pendekatan tata ruang interaktif untuk meningkatkan minat wisatawan (DI - 2319). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Link Baca Online.pdf

Download (185kB)
[img] Text
615180151_JOANNE PUTERI KUSUMA_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan zaman telah membawa kemajuan pesat bagi museum dimana masyarakat dapat menambah wawasan pengetahuan, informasi, serta berinteraksi secara langsung dengan benda-benda yang ada di dalam museum. Namun sementara museum telah menjadi tujuan wisata yang populer di luar negeri, Masyarakat Indonesia masih menganggap museum Indonesia itu identik dengan bosan, tidak menarik, usang, tidak terawat dan beberapa impresi negatif lainnya, sehingga tingkat kunjungan masyarakat Indonesia ke museum masih sangat rendah. Salah satu yang kerap mengalami penurunan pengunjung adalah Museum Benteng Heritage, yang merupakan museum kebudayaan tionghoa satu-satunya di Indonesia. Oleh karena itu, permasalahan utama yang perlu dihadapi untuk mengatasi kondisi museum di Indonesia adalah penyajian konsep interior pameran yang kurang interaktif, pandangan masyarakat terhadap museum yang tidak memadai serta penataan interior ruang yang kurang menarik perhatian pengunjung. Metode yang dipakai dalam proses perancangan museum ini adalah studi literatur, observasi lapangan, studi banding, space planning, konsep desain, studi alternatif desain dan keputusan desain berupa gambar presentasi dan gambar kerja. Melalui metode tersebut diharapkan dapat menghasilkan perancangan yang mengangkat tema “Union and Harmony in Local Heritage”. Tema ini memadukan tradisional dalam arti konsep interiornya sesuai dengan masa kini walaupun benda koleksi nya bersifat historical sehingga pengunjung dapat merasakan bernostalgia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interior, Museum Benteng Heritage, Tionghoa
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Interior
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 08 Aug 2022 06:12
Last Modified: 15 Aug 2022 09:01
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37008

Actions (login required)

View Item View Item