Perancangan desain interior Perpustakaan umum kota Medan sebagai sarana edukasi dan rekreasi untuk memajukan budaya literasi masyarakatnya (DI - 2317)

Milleniuty, Loretta (2022) Perancangan desain interior Perpustakaan umum kota Medan sebagai sarana edukasi dan rekreasi untuk memajukan budaya literasi masyarakatnya (DI - 2317). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Link Baca Online.pdf

Download (185kB)
[img] Text
615180122_LORETTA MILLENIUTY_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perpustakaan Umum Kotamadya Medan merupakan perpustakaan yang dibangun pada tahun 1972 oleh pemerintah. Dengan adanya perpustakaan kota, pemerintah berharap hal tersebut dapat mempermudah akses warga sekitar untuk datang ke perpustakaan. Namun nyatanya hal tersebut belum dapat tersalurkan dengan baik dikarenakan adanya pandangan yang salah oleh masyarakat modern terhadap perpustakaan yang menganggap hanyalah sebuah gedung dengan penuh tumpukan buku dan tidak menarik. Perkembangan era memberi dampak besar pada Perpustakaan Umum Medan, karena masyarakat lebih memilih berkunjung ke area publik dibanding perpustakaan itu sendiri. Tujuan dari perancangan Perpustakaan Umum Kota Medan adalah membuat perpustakaan menjadi tempat berkumpulnya masyarakat untuk melengkapi kebutuhannya di bidang pendidikan dan menjadikannya lebih menarik untuk meningkatkan minat literasi masyarakatnya. Metodologi yang diterapkan dalam perancangan ini adalah melalui observasi lapangan dan studi literatur. Dengan adanya perancangan ini, diharapkan permasalahan yang ada di perpustakaan baik permasalahan sosial, budaya, maupun permasalahan interior dan psikologisnya dapat diselesaikan sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interior, Literasi, Masyarakat, Nyaman, Perpustakaan Umum
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Interior
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 08 Aug 2022 06:22
Last Modified: 15 Aug 2022 09:01
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37010

Actions (login required)

View Item View Item