Sistem kontrol kendali kecepatan otomatis pada kendaraan menggunakan mikrokontroler (TM - 1300)

Suryadata, Adhitiya Satiawan (2022) Sistem kontrol kendali kecepatan otomatis pada kendaraan menggunakan mikrokontroler (TM - 1300). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
515180040_Adhitiya Satiawan Suryadata_Cover.pdf

Download (402kB)
[img] Text
515180040_Adhitiya Satiawan Suryadata_Lembar Pengesahan.pdf

Download (733kB)
[img] Text
515180040_Adhitiya Satiawan Suryadata_Abstrak.pdf

Download (638kB)
[img] Text
515180040_Adhitiya Satiawan Suryadata_Daftar isi.pdf

Download (649kB)
[img] Text
515180040_Adhitiya Satiawan Suryadata_BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[img] Text
515180040_Adhitiya Satiawan Suryadata_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
515180040_Adhitiya Satiawan Suryadata_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
515180040_Adhitiya Satiawan Suryadata_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
515180040_Adhitiya Satiawan Suryadata_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text
515180040_Adhitiya Satiawan Suryadata_Daftar Pustaka.pdf

Download (557kB)
[img] Text
515180040_Adhitiya Satiawan Suryadata_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembangunan infrastruktur menyebabkan mobilitas masyarakat akan meningkat, sehingga penggunaan kendaraan akan bertambah yang menyebabkan potensi kecelakaan dapat meningkat salah satu faktor kecelakaan yaitu kelelahan pengemudi maupun kehilangan konsentrasi. Sehingga tujuan perancangan ini difokuskan untuk mengurangi kelelahan pengemudi dengan cara dapat mempertahankan kecepatan kendaraan secara konstan sehingga pengemudi bisa lebih fokus untuk memperhatikan keadaan sekitar. Sistem ini dapat berjalan baik pada kendaraan fitur drive by wire maupun kendaraan dengan sistem pedal gas konvensional dengan cara melakukan penekanan pada pedal gas menggunakan motor DC yang dikontrol oleh Arduino. Untuk mengatur kecepatan pengguna dapat memutar potensiometer yang akan menggerakan motor DC, putaran motor akan dibaca oleh encoder sehingga putaran dapat terjadi secara akurat. Selain itu sistem ini juga memanfaatkan sistem kontrol PID yang memiliki algoritma sederhana namun dengan hasil yang presisi. Perancangan dimulai dengan melakukan pembuatan sketsa menggunakan tinkercad untuk sistem mikrokontroler dan menggunakan Autodesk Fusion 360 untuk melakukan perancangan dan simulasi rangka yang dapat dipasang dengan mudah pada pedal gas kendaraan. Setelah itu dilakukan pembuatan alat sesuai dengan rancangan yang telah dibuat sehingga setelah semua komponen telah jadi dapat dilakukan pengujian yang dilakukan pada jalan bebas hambatan. Dengan adanya keseluruhan sistem yang telah dirancang maka kendaraan dapat berjalan dengan konstan yang akan berdampak baik pada konsumsi BBM yang semakin efisien juga meningkatkan kenyamanan mengemudi. Dalam pengembagan sistem juga dapat full electric dimana penggunaan motor DC maupun driver motor dapat dihilangkan, penggunaan sensor jarak agar pengaturan kecepatan dapat mengikuti keadaan lalu lintas dan penambahan komponen lain pada mikrokontroler agar fungsi dari sistem dapat ditingkatkan. Kata Kunci: Arduino, PID, drive by wire, ECU

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:01
Last Modified: 25 Oct 2023 10:17
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37122

Actions (login required)

View Item View Item