Analisis aliran pada nozzle dan runner turbin cross flow dengan menggunakan model turbulan rng k-3 (TM - 1323)

Setiawan, Juan (2022) Analisis aliran pada nozzle dan runner turbin cross flow dengan menggunakan model turbulan rng k-3 (TM - 1323). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
515180026_Juan Setiawan_cover.pdf

Download (53kB)
[img] Text
515180026_Juan Setiawan_pengesahan.pdf

Download (156kB)
[img] Text
515180026_Juan Setiawan_Abstrak.pdf

Download (80kB)
[img] Text
515180026_Juan Setiawan_Daftar Isi.pdf

Download (493kB)
[img] Text
515180026_Juan Setiawan_BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
515180026_Juan Setiawan_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)
[img] Text
515180026_Juan Setiawan_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
515180026_Juan Setiawan_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
515180026_Juan Setiawan_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
515180026_Juan Setiawan_Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] Text
515180026_Juan Setiawan_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)

Abstract

Turbin cross-flow merupakan turbin impuls yang umum digunakan dalam sistem pembangkit listrik karena memiliki desain yang sederhana dan mampu diaplikasikan pada berbagai rentang kondisi head dan flow. Aliran dalam turbin cross-flow mengalir dalam bentuk menyilang dan bekerja dalam 2 stage. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisa pola aliran di dalam nozzle dan runner pada turbin cross-flow dengan menggunakan model turbulen RNG k-ε dalam software ANSYS 2021 R2 Academic Version. Simulasi dilakukan dengan 2 variasi geometri, yaitu geometri existing dan geometri improved, dan dengan 5 variasi kecepatan inlet nozzle: 2 m/s, 3 m/s, 4 m/s, 5 m/s dan 6,487 m/s. Keadaan fluida diasumsikan satu fasa, dengan tekanan pada inlet 1,05 Pa dan temperatur 24,85 oC. Diperoleh kesimpulan bahwa simulasi dengan model turbulen RNG k-ε menghasilkan perbedaan pada profil kecepatan dan tekanan Stage 1 sebesar 3,353% dan 87,679% dan Stage 2 sebesar 13,653% dan 21,826% dengan hasil simulasi menggunakan model STD k-ε. Perubahan geometri pada runner dapat mempengaruhi besar daya yang dihasilkan oleh turbin cross-flow sebesar 25,26%- 76,74%. Kata kunci: turbin cross-flow, runner, CFD, RNG k-ε

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:49
Last Modified: 25 Oct 2023 09:58
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37126

Actions (login required)

View Item View Item