Strategi pengembangan produk minuman kopi berbasis preferensi konsumen dengan metode conjoint analysis engineering: studi kasus umkm kopi bangli (T. Ind - 728)

Leonica, Sherline (2022) Strategi pengembangan produk minuman kopi berbasis preferensi konsumen dengan metode conjoint analysis engineering: studi kasus umkm kopi bangli (T. Ind - 728). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
545180034_Sherline Leonica_Cover.pdf

Download (36kB)
[img] Text
545180034_Sherline Leonica_Pengesahan.pdf

Download (14kB)
[img] Text
545180034_Sherline Leonica_Abstrak.pdf

Download (25kB)
[img] Text
545180034_Sherline Leonica_Daftar Isi.pdf

Download (63kB)
[img] Text
545180034_Sherline Leonica_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
545180034_Sherline Leonica_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
545180034_Sherline Leonica_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
545180034_Sherline Leonica_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
545180034_Sherline Leonica_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
545180034_Sherline Leonica_Daftar Pustaka.pdf

Download (59kB)
[img] Text
545180034_Sherline Leonica_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak diminati dan dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat, mulai dari orang tua, kaum muda, hingga remaja. Tetapi pandemi Covid-19 yang tak kunjung selesai membuat adanya penurunan konsumsi masyarakat karena adanya pembatasan mobilitas dan masyarakat takut terpapar virus Covid-19. Oleh karena itu, dibuat pengembangan produk minuman kopi sesuai dengan preferensi konsumen saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kansei engineering untuk membantu memahami kebutuhan konsumen karena dengan metode ini dapat menerjemahkan perasaan atau emosi ke dalam spesifikasi desain serta menggunakan metode analisis konjoin untuk mengetahui hubungan antara kata kansei dengan atribut beserta level atribut. mata konsumen. Pengumpulan data utama dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan teknik semantic differential. Berdasarkan hasil kuesioner, diperoleh 7 kata kansei yang menjadi kriteria penting bagi konsumen dalam memilih produk minuman kopi. Analisis konjoin dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kata kansei dengan 5 atribut dan 17 level atribut. Hasil analisis konjoin meliputi nilai utilitas dan tingkat kepentingan masing-masing atribut dan level atribut. Melalui hasil analisis konjoin diperoleh nilai utilitas serta diperoleh spesifikasi produk minuman baru yang merupakan kombinasi atribut dengan nilai utilitas optimum. Diperoleh spesifikasi untuk produk minuman kopi baru dengan nilai utilitas tertinggi yaitu Packaging: Gelas Plastik, Rasa: Manis, Tingkat Kemanisan: Manis (21-30 gram), Logo: C, dan Varian: Kopi Gula Aren. Kata kunci: kansei engineering, semantic differential, analisis konjoin, kopi, atribut, level

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:56
Last Modified: 27 Oct 2023 02:52
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37153

Actions (login required)

View Item View Item