Saka, Kevin Dawa (2022) Analisis preferensi konsumen untuk pengembangan online store menggunakan metode conjoint analysis dan clustering (studi kasus umkm sinar makmur) (T. Ind - 731). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
545180025_Kevin Dawa Saka_Cover.pdf Download (57kB) |
|
Text
545180025_Kevin Dawa Saka_Pengesahan.pdf Download (62kB) |
|
Text
545180025_Kevin Dawa Saka_Abstrak.pdf Download (29kB) |
|
Text
545180025_Kevin Dawa Saka_Daftar Isi.pdf Download (40kB) |
|
Text
545180025_Kevin Dawa Saka_Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
|
Text
545180025_Kevin Dawa Saka_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
Text
545180025_Kevin Dawa Saka_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
|
Text
545180025_Kevin Dawa Saka_bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
545180025_Kevin Dawa Saka_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
Text
545180025_Kevin Dawa Saka_Daftar Pustaka.pdf Download (93kB) |
|
Text
545180025_Kevin Dawa Saka_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin cepat menyebabkan adanya perubahan perilaku pada masyarakat salah satunya adanya perilaku dalam melakukan pemilihan produk atau jasa. Kondisi pandemi Covid-19 juga semakin membuat konsumen lebih ketat dalam memilih produk atau jasa. Sinar Makmur merupakan UMKM yang menyediakan produk pelumas mesin kendaraan dan industri. Online store Sinar Makmur dirintis untuk meningkatkan penjualan pada masa pandemi dengan nama Oli Makmur. Permasalahan utama yang timbul adalah kurang pahamnya pemahaman preferensi konsumen pada platform e-commerce sehingga pendapatan kurang maksimal. Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui preferensi konsumen dan segmentasi pasar pada e-commerce. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah conjoint analysis dan clustering. Hasil yang didapatkan melalui conjoint analysis adalah atribut terpenting pada e-commerce yaitu tampilan produk dengan nilai kepentingan sebesar 55,95%. Pada clustering, diketahui terdapat tiga cluster yang memiliki karakterisitk yang serupa dan sosial demografi pasar. Kata kunci: e-commerce, preferensi, conjoint, clustering, atribut, level, online
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 06:15 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 02:07 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37158 |
Actions (login required)
View Item |