Darmawan, Marcella (2022) Analisis pengukuran kinerja perusahaan dengan balanced scorecard dan perencanaan strategi dengan Hoshin Kanri di PT. XYZ (T. Ind - 754). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
545180002_Marcella Darmawan_Cover.pdf Download (90kB) |
|
Text
545180002_Marcella Darmawan_Lembar Pengesahan.pdf Download (12kB) |
|
Text
545180002_Marcella Darmawan_Abstrak.pdf Download (109kB) |
|
Text
545180002_Marcella Darmawan_Daftar Isi.pdf Download (141kB) |
|
Text
545180002_Marcella Darmawan_Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
|
Text
545180002_Marcella Darmawan_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) |
|
Text
545180002_Marcella Darmawan_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (957kB) |
|
Text
545180002_Marcella Darmawan_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
545180002_Marcella Darmawan_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
|
Text
545180002_Marcella Darmawan_Daftar Pustaka.pdf Download (123kB) |
|
Text
545180002_Marcella Darmawan_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Persaingan bisnis di era globalisasi semakin ketat sehingga perencanaan strategi sangatlah penting untuk memastikan perusahaan mencapai tujuan jangka panjangnya. PT XYZ adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang procurement untuk menyediakan barang maupun jasa yang berkaitan dengan produk elektrikal, mekanikal dan alat-alat K3. PT XYZ berkeinginan untuk mengukur kinerja perusahaan dengan tidak hanya berfokus pada aspek keuangan saja agar tetap dapat bersaing di masa depan. Pada penelitian ini, dilakukan pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard. Agar rancangan sejalan dengan visi, misi serta strategi perusahaan, maka dilibatkan beberapa responden selaku pengelola manajemen. Setelah dilakukan perancangan dengan model Balanced Scorecard ditemukan bobot tingkat kepentingan dari tiap-tiap perspektif dalam Balanced Scorecard antara lain perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan secara berturut yaitu 0,308, 0,274, 0,227, dan 0,191. Menggunakan metode Objective Matrix yang dikombinasikan dengan Traffic Light System, ditemukan dari 13 key performance indicators (KPI), terdapat 5 kinerja KPI yang sudah baik, 6 kinerja KPI yang belum tercapai namun sudah mendekati target, dan 2 kinerja KPI yang masih jauh dibawah target. Selanjutnya, dilakukan juga perencanaan strategi menggunakan pendekatan Hoshin Kanri yang diharapkan dapat membantu perusahaan mencapai tujuan jangka panjangnya. Kata kunci: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Key Performance Indicators, Objective Matrix, Hoshin Kanri
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 07:40 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 10:08 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37169 |
Actions (login required)
View Item |