ANALISIS PERAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN PARIWISISATA BERBASIS MASYARAKAT DI DESA GENILANGIT, KECAMATAN PONCOL, KABUPATEN MAGETAN.

Mulyadi, Mulyadi ANALISIS PERAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN PARIWISISATA BERBASIS MASYARAKAT DI DESA GENILANGIT, KECAMATAN PONCOL, KABUPATEN MAGETAN. ANALISIS PERAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN PARIWISISATA BERBASIS MASYARAKAT DI DESA GENILANGIT, KECAMATAN PONCOL, KABUPATEN MAGETAN..

[img] Text
REV JURNAL MULYADI .pdf

Download (376kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan fasilitas wisata dan memahami pengaruh peran masyarakat dalam pengelolaan fasilitas pendukung wisata yang ada di desa Genilangit. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data berupa wawancara yang dilaksanakan kepada informan yang berkepentingan dalam pengelolaan Desa Genilangit. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif meliputi uji kredibilitas (Validitas internal), depenabilitas (reliabilitas) data, transferabilitas (validitas eksternal/generalisasi) dan confirmabilitas (obyektifitas) kemudian di analisis menggunakan analisis persepsi dan preferensi, kesesuaian dan kelayakan wisata. Pengelolaan fasilitas wisata desa Genilangit menerapkan sistem pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Pengorganisasian melibatkan karang taruna, pemerintah desa, dan masyarakat dan Peran masyarakat dalam mengelola fasilitas pendukung wisata desa Genilangit terbagi menjadi dua kategori, yaitu: masyarakat yang berperan dalam manajemen pengelolaan, pengawasan dan masyarakat ikut berperan dalam pengelolaan fasilitas utama (akomodasi), serta fasilitas pendukung lainnya.

Item Type: Article
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:22
Last Modified: 13 Sep 2022 02:22
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37199

Actions (login required)

View Item View Item