Akibat Hukum Wanprestasi Terhadap Akta Kesepakatan Bersama Yang Dibuat Di Hadapan Notaris (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Bekasi Nomor 339/Pdt.G/2019/Pn.Bks)

Joseph, Herman (2022) Akibat Hukum Wanprestasi Terhadap Akta Kesepakatan Bersama Yang Dibuat Di Hadapan Notaris (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Bekasi Nomor 339/Pdt.G/2019/Pn.Bks). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Herman Joseph_205180038.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB ISI_Herman Joseph_205180038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
Lampiran_Herman Joseph_205180038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Jurnal_Herman Joseph_205180038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)

Abstract

Penerapan hukum merupakan penerapan yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai cerminan aturan yang harus dipatuhi oleh aparat penegak hukum dan masyarakat. Perjanjian adalah pengaturan yang dinegosiasikan dan biasanya mengikat secara hukum antara pihak-pihak untuk tindakan yang tidak adanya ketidaksesuaian antara dua hal. Dalam perjanjian terdapat istilah yang disebut wanprestasi (pelanggaran kontrak). Wanprestasi mengacu pada tidak terpenuhinya 'prestasi' didalam perjanjian yang biasanya seperti kegagalan untuk, melaksanakan sesuatu, tidak melaksanakan sesuatu, ataupun melakukan pembayaran sejumlah uang. Pelanggaran mengacu pada pelanggaran suatu perjanjian secara umum, seperti pelanggaran pernyataan dan jaminan, tidak curang dan sebagainya, termasuk wanprestasi. Dapat dikatakan bahwa jika salah satu pihak ingkar janji, maka pihak itu pastilah wanprestasi, tetapi apabila salah satu pihak wanprestasi, maka pihak tersebut tidak serta merta dinyatakan wanprestasi dengan segala konsekuensinya. Pasal 1243 KUH Perdata yang menyatakan bahwa pengertian wanprestasi adalah “penggantian biaya, kerugian dan bunga karena tidak dipenuhinya suatu perikatan, maka menjadi wajib, jika debitur setelah dinyatakan lalai dalam memenuhi perikatannya tetap melakukan perikatan. mengabaikannya, atau jika sesuatu harus diberikan atau dibuat, hanya dapat diberikan atau dibuat, hanya dapat diberikan atau dibuat dalam batas waktu yang telah berlalu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ariawan Gunadi, S.H.,M.H.
Uncontrolled Keywords: Wanprestasi, Perjanjian, Kontrak
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 21 Sep 2022 08:31
Last Modified: 21 Sep 2022 08:31
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37226

Actions (login required)

View Item View Item