Tanggung Jawab Hukum Badan Usaha Jalan Tol Dalam Menciptakan Keselamatan Berlalu Lintas Pengguna Jalan Tol (Studi Kasus Pecah Ban Tol JAPEK Km 39+350)

Alvita, Jenny (2022) Tanggung Jawab Hukum Badan Usaha Jalan Tol Dalam Menciptakan Keselamatan Berlalu Lintas Pengguna Jalan Tol (Studi Kasus Pecah Ban Tol JAPEK Km 39+350). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Jenny Alvita_205180102.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB ISI_Jenny Alvita_205180102.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran_Jenny Alvita_205180102.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL_JENNY ALVITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)

Abstract

Kerusakan merupakan hak yang lumrah dijumpai di Indonesia, tidak terkecuali dijumpai pada jalan tol. Kenyamanan dan keselamatan para pengguna jalan tol merupakan tanggung jawab yang dipikul oleh Badan Usaha Jalan Tol. Peristiwa pecah ban yang terjadi pada ruas Cikarang-Cibatu di Tol Jakarta – Cikampek KM 39+350 arah Jakarta merupakan salah satu bentuk kelalaian Sub Bidang Operasi dan Pemeliharaan Badan Pengatur Jalan Tol dalam menjalankan fungsi monitoring evaluasi terhadap pelaksanaan perencanaan dan pelaksanaan konstruksi pemeliharaan jalan tol sebagaimana amanat dari ketentuan Pasal 6 Permen PUPR 43/2015. Penelitian ini merupana penelitian normatif dengan pendekatan undang-undang dan case approach, menggunakan pendekatan kualitatif. Atas peristiwa kecelakaan tersebut, Badan Usaha Jalan Tol dengan ini tidak melakukan pengusahaan jalan tol sesuai dengan standard kelayakan dan minimnya pengetahuan masyarakat menyebabkan lebih bersifat ikhlas dengan persitiwa kecelakaan yang menimpanya jika dibandingkan dengan menuntut ganti kerugian kepada Badan Usaha Jalan Tol. Strict liability & liability based on fault merupakan tanggung jawab yang melekat pada Badan Usaha Jalan Tol. Pemerintah perlu melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan pengetahuan hukum agar masyarakat mengetahui kerusakan jalan tol merupakan kelalaian dari Badan Usaha Jalan Tol dalam menjalankan fungsi pengawasan dan penanganan darurat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof.Dr. Amad Sudiro, S.H., MM., M.Kn
Uncontrolled Keywords: Badan Usaha Jalan Tol, Kemanfaatan, Transportasi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:07
Last Modified: 29 Sep 2022 02:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37274

Actions (login required)

View Item View Item