Ruang ajar balang-balang/pusat edukasi eceng gondok sebagai purifikasi logam berat di sungai Siak, Pekanbaru

Chou, Vellisa (2021) Ruang ajar balang-balang/pusat edukasi eceng gondok sebagai purifikasi logam berat di sungai Siak, Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Link Baca Online.pdf

Download (185kB)
[img] Text
315170020_VELLISA_Cover.pdf

Download (85kB)

Abstract

Berdasarkan data yang dilansir dari Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertanian (Kementan), Provinsi Riau merupakan penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia dengan luas mencapai 2.430,51 ha dan produksi mencapai rata-rata 8.605,65 ribu ton setiap tahunnya. Namun, tingginya aktivitas industri sawit menyebabkan rusaknya ekosistem yang berada di sekitar sungai akibat pembuangan limbah yang menyebabkan tingginya kandungan logam pada air dan pendangkalan di Sungai Siak. Maka dari itu, perlu dilakukan penanggangan berupa pengolahan air limbah dengan biofiltasi alami dengan menggunakan eceng gondok. Selain ekonomis, tumbuhan air ini memiliki potensi perkembangan yang sangat cepat. Ruang Ajar Balang-balang merupakan pusat edukasi eceng gondok sebagai purifikasi logam berat di Sungai Siak, Riau. Pada proyek ini, memanfaatkan potensi eceng gondok sebagai biofiltrasi alami yang dapat mempurifikasi logam berat pada kandungan air di Sungai Siak sebesar 99,70%, dan memanfaatkan potensi perkembangan eceng gondok yang pesat sebagai kerajinan tangan dan instalasi ruang dengan tujuan mengendalikan perkembangan eceng gondok sehingga tidak mengganggu aktivitas pengolahan air limbah. Hadirnya Ruang Ajar Balang-balang diharapkan dapat mengedukasi masyarakat sekitar terhadap potensi eceng gondok sebagai purifikasi logam berat. Kata Kunci: Eceng Gondok, Edukasi, Purifikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:24
Last Modified: 03 Oct 2022 07:24
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37289

Actions (login required)

View Item View Item