Terang dan harapan untuk Nusa Tenggara Timur: pusat pemanfaatan rumput laut menjadi listrik, biofuel, biomassa, & kelestarian laut Nusa Tenggara Timur

Stevie, Stevie (2021) Terang dan harapan untuk Nusa Tenggara Timur: pusat pemanfaatan rumput laut menjadi listrik, biofuel, biomassa, & kelestarian laut Nusa Tenggara Timur. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Link Baca Online.pdf

Download (185kB)
[img] Text
315170074_STEVIE_Cover.pdf

Download (21kB)

Abstract

Kita, para manusia selalu membutuhkan semua yang ada di sekitar kita. Untuk bertahan hidup, seringkali kita mengorbankan kehidupan yang ada di dunia dan menganggap kehidupan tersebut tidak berarti dibandingkan kehidupan kita. Seperti contoh, energi fosil yang sekarang menjadi tumpuan kita dalam menghasilkan energi, terutama energi listrik dan bahan bakar kendaraan yang sangat berpengaruh bagi kehidupan kita. Listrik merupakan pemicu zaman baru dalam peradaban, membawa cahaya terang modernitas dan kemajuan, serta perkembangan pengetahuan dan informasi. Bayangkan saja, rumah, sekolah, rumah sakit, bisnis, komunitas atau dunia kita, hidup tanpa energi yang luar biasa ini. Sekarang listrik dan bahan bakar kendaraan dihasilkan oleh energi fosil yang kian menipis dan merusak lingkungan. Maka dari itu, perlu adanya suatu energi alternatif untuk menggantikan energi ini, yaitu konversi rumput laut menjadi biofuel yang selanjutnya dapat dikonversikan menjadi energi listrik. Di Indonesia, khususnya daerah timur, banyak yang tertinggal karena kurangnya energi yang dihasilkan dan didapat di daerah tersebut, contohnya daerah Nusa Tenggara Timur. Pasokan listrik dan bahan bakar yang terbatas membuat harga menjulang tinggi. Kita perlu energi pengganti untuk bertahan hidup, tanpa harus mengorbankan kehidupan lainnya. Proyek ini difokuskan pada daerah Nusa Tenggara Timur, agar daerah tersebut dapat lebih maju, memberikan sejuta manfaat bagi manusia, namun tidak mengorbankan kehidupan lainnya. Malahan, menciptakan kehidupan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:22
Last Modified: 06 Oct 2022 07:22
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37328

Actions (login required)

View Item View Item