Pengolahan limbah sanitasi berbasis bio-energi dalam penataan kawasan hunian kumuh di Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat

Nasser, Kayatsha Mutiara (2021) Pengolahan limbah sanitasi berbasis bio-energi dalam penataan kawasan hunian kumuh di Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Link Baca Online.pdf

Download (185kB)
[img] Text
315170081_KAYATSHA_Cover.pdf

Download (70kB)
[img] Text
315170081_KAYATSHA_Daftar Isi.pdf

Download (58kB)
[img] Text
315170081_KAYATSHA_Daftar Pustaka.pdf

Download (86kB)

Abstract

Gang Serketaris Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat sudah menjadi pemukiman liar dari sebelum reformasi terjadi dan kini menjadi salah satu pemukiman dengan sanitasi terburuk di ibu kota. 124 kepala keluarga hidup berdampingan dengan bau tinja dari Kali Sekretaris yang membentang di sepanjang gang tersebut. Kesadaran warga yang rendah terhadap kebersihan dan pencemaran lingkungan membuat warga lebih memilih membuang kotorannya langsung ke Kali Sekretaris. Disisi lain, Indonesian juga mengalami krisis energi. menurut Wood Mackenzie Chemical and Energy Company, yang mencatat tren neraca energi Indonesia dari sisi batu bara, gas (LNG), dan minyak bumi, menyatakan Indonesia sudah mengalami defisit energi sejak 2007 dan semakin meningkat hingga perkiraan tahun 2040. Melihat keterkaitan antara permasalahan krisis energi dan permasalahan sanitasi di Indonesia, kedua hal ini secara tidak langsung dapat merusak suatu rantai ekologi namun apabila diselesaikan dengan tepat mampu membuka peluang pada pengembangan teknologi energi terbarukan maupun penyelesaian terhadap isu lingkungan yang terjadi. Proses Bioenergi dalam ranah arsitektur menjadi solusi penanganan Kawasan hunian kumuh untuk mencapai pemberdayaan sanitasi yang berkelanjutan. Bio-energi merupakan pengembangan energi terbarukan yang diperoleh dari biomassa. Rancangan program penataan kawasan hunian kumuh di Gang Sekretaris menggunakan pendekatan penulusuran kontekstual dari kondisi sosial budaya secara mendalam. Menciptakan sebuah komunitas sanitasi yang tercermin kepada kegiatan berhuni, bekerja, dan berkumpul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:53
Last Modified: 06 Oct 2022 07:53
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37331

Actions (login required)

View Item View Item