PENGARUH MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI, PEMAHAMAN PERPAJAKAN, SANKSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DENGAN KESADARAN WP SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak UMKM di Kota Sambas, Kalimantan Barat)

Jessica, Jessica (2022) PENGARUH MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI, PEMAHAMAN PERPAJAKAN, SANKSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DENGAN KESADARAN WP SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak UMKM di Kota Sambas, Kalimantan Barat). Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Jessica 127202006 JA.pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh modernisasi sistem administrasi, pemahaman perpajakan, sanksi dan kualitas pelayanan secara individu dan bersamaan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di kota Sambas, Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei terhadap wajib pajak UMKM di kota Sambas. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak UMKM sebanyak 14.463 WP dan sampel sebanyak 99 orang dengan menggunakan teknik sampling quota non probability sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert 1-4 poin. Metode analisis data yang digunakan meliputi: Uji Kualitas Data, Uji Asumsi, Uji Regresi Moderasi, dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modernisasi sistem administrasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di kota Sambas, Pemahaman perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di kota Sambas, Sanksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di kota Sambas, Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di kota Sambas, dan Kesadaran wajib pajak memperkuat pengaruh modernisasi sistem administrasi, pemahaman perpajakan, sanksi dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di kota Sambas, Kalimantan Barat. Kata Kunci: Modernisasi sistem administrasi, Pemahaman perpajakan, Sanksi, Kualitas Pelayanan, Kepatuhan wajib pajak UMKM, Kesadaran wajib pajak

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:50
Last Modified: 10 Apr 2023 01:04
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37369

Actions (login required)

View Item View Item