Penggunaan Strategy Affiliates Pada E-commerce dikaji menurut perspektif Hukum Bisnis

Rahma, Dewi (2022) Penggunaan Strategy Affiliates Pada E-commerce dikaji menurut perspektif Hukum Bisnis. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Dewi Rahma_205180113.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB ISI_Dewi Rahma 205180113.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB)
[img] Text
Lampiran_Dewi Rahma 205180113.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

(F) Strategy affiliate merupakan salah satu program kegiatan usaha yang sedang berkembang pesat yang dilakukan oleh kebanyakan e-commerce yang salah satunya adalah shopee.co.id dimana menggunakan kontrak perjanjian elektronik atau e-contract sebagai undang undang yang mengikat para pihak yang dimana adalah pihak afiliasi dengan pihak e-commerce sebagaimana yang telah diatur dalam KUHPerdata dalam Pasal 1338 ayat 1 KUHPerdata mencerminkan adanya asas kebebasan berkontrak, dimana dalam pasal tersebut menjelaskan bahwa semua bentuk perjanjian yang dibentuk dengan sah maka akan menjadi undang-undang untuk para pihak yang membuatnya. Dalam permasalahan ini pihak e-commerce (shopee.co.id) telat dan tidak sama sekali membayarkan komisi kepada para member afiliasi yang dimana hal tersebut merupakan wanprestasi yang harus dipertanggumgjawabkan oleh pihak e-commerce dengan membayarkan komisi tersebut tetapi disamping itu dalam kontrak perjanjian tersebut disebutkan bahwa pihak e-commerce (shopee.co.id) tidak akan bertanggung jawab atas segala keuntungan atau kerugian usaha yang terjadi kepada pihak afiliasi sehingga dijelaskan juga di dalam kontrak perjanjian bahwa apabila dalam perselisihan tersebut selama 30 (tiga puluh) hari pihak yang melakukan wanprestasi atau pelanggaran tidak memiliki itikad baik sama sekali maka memberikan alternatif penyelesaian sengketa perselisihan tersebut kepada pihak yang berwajib yang telah diatur dan dipilih didalam kontrak perjanjian yaitu melalui BANI yang dimana dalam kasus ini pihak e-commerce (shopee.co.id) dan pihak afiliasi adalah dua pihak yang tidak pernah bertemu dan tidak saling kenal juga berasal dari berbagai kota yang ada di Indonesia jadi akan sedikit sulit dan tidak efisien apabila penyelesaian kasus nya melalui BANI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Strategy Affiliates, Hukum bisnis, E-commerce.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2022 05:07
Last Modified: 14 Oct 2022 05:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37392

Actions (login required)

View Item View Item