PERLINDUNGAN TERHADAP PEMEGANG SERTIPIKAT HAK MILIK YANG DIBATALKAN DENGAN BUKTI GIRIK DALAM PUTUSAN PENGADILAN TATA USAHA NEGARA NOMOR 61/G/2021/PTUN.SRG.

Nurhaedah, Raini (2022) PERLINDUNGAN TERHADAP PEMEGANG SERTIPIKAT HAK MILIK YANG DIBATALKAN DENGAN BUKTI GIRIK DALAM PUTUSAN PENGADILAN TATA USAHA NEGARA NOMOR 61/G/2021/PTUN.SRG. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER-ABSTRAK_RAINI NURHAEDAH_205180140.pdf

Download (856kB)
[img] Text
BAB ISI_RAINI NURHAEDAH_205180140.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB)
[img] Text
LAMPIRAN_RAINI NURHAEDAH_205180140.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Pertanahan diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria (UUPA). Pasal 33 ayat (3) UUD 1945 yang berisi baik bumi, air serta kekayaan alam yang ada di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran hidup masyarakyat banyak. Melihat pentingnya tanah bagi kehidupan manusia untuk kelangsungan hidupnya dengan bercocok tanam maupun untuk tempat menetap hidup, sehingga dalam fenomena praktik banyaknya permasalahan terhadap tanah, salah satunya adalah terjadinya sengketa kepemilikan hak atas tanah. Sengketa tanah merupakan suatu permasalahan dalam tanah, setiap orang yang merasa pemilik objek tanah yang dipermasalahkan oleh dua belah pihak yang berperkara. Sering terjadi sengketa tanah dalam kehidupan manusia dari dahulu hingga saat ini Karena tanah merupakan sebuah objek yang kompleks dan vital bila di perbincangkan. Melihat banyaknya kasus yang muncul dalam kehidupan masyarakat terkhusus bagi pemegang hak atas tanah yang memerlukan perlindungan serta kepastian hukum pada setiap pemilik hak atas tanah. Salah satu kasus yang terjadi dalam Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Nomor 61/G/2021/PTUN.SRG yang berkaitan dengan sengketa kepemilikan hak atas tanah, dalam isi putusan PTUN ini hakim menyatakan memutus untuk mengharuskan tergugat membatalkan sertifikat hak milik atas nama tergugat intervensi dan mengabulkan gugatan penggugat dalam hal ini pemilik alas bukti girik, dan berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini ingin mengaitkan Putusan Hakim dengan Pasal 32 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 Tentang Pendaftaran Tanah dan juga dengan pasal-pasal lain yang terkait dengan perkara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Benny Djaja, S.H., S.E., M.M., Sp.N., M.RE., M.Hum.,M.Kn.
Uncontrolled Keywords: Pertanahan, Pendaftaran Tanah, Sengketa Hak Atas Tanah
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2022 08:43
Last Modified: 18 Oct 2022 08:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37420

Actions (login required)

View Item View Item