ANALISIS PERLINDUNGANKONSUMEN DARI KEBOCORAN KERAHASIAAN DAN KEAMANAN DATA ATAU INFORMASI DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE(STUDI PUTUSAN NOMOR:23/PDT.SUS.BPSK/2019/ PN.CBD.)

Gillardo, Fernando Junio (2022) ANALISIS PERLINDUNGANKONSUMEN DARI KEBOCORAN KERAHASIAAN DAN KEAMANAN DATA ATAU INFORMASI DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE(STUDI PUTUSAN NOMOR:23/PDT.SUS.BPSK/2019/ PN.CBD.). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Fernando Junio Gillardoo_205180141.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB ISI_Fernando Junio Gillardoo_205180141.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)
[img] Text
Lampiran_Fernando Junio Gillardoo_205180141.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji signifikansi perlindungan hukum bagi konsumen dalam kegiatan jual beli online terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. Satu-satunya perbedaan antara pembelian dan penjualan online dan tradisional adalah media yang digunakan. Ketika pelaku usaha dan pelanggan terikat dalam suatu kontrak, kedua belah pihak berkewajiban untuk melaksanakan komitmennya dan menggunakan haknya. Masalah yang dibahas dalam artikel ini adalah kewajiban pelaku usaha terhadap konsumen dalam jual beli online, serta perlindungan hukum konsumen dalam perjanjian jual beli online. Dengan menggunakan teknik penelitian hukum standar. Temuan penelitian ini adalah, Pertama, kewajiban pembeli dan penjual online untuk memberikan kompensasi atau penggantian atas barang yang cacat. Kedua, perlindungan hukum bagi pembeli online bisa diberikan dalam bentuk kepastian hukum, sebagaimana tertuang dalam peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang belanja online, yaitu Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan UU No. - UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Jeane Saly, SH., APU
Uncontrolled Keywords: perlindungan konsumen
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:46
Last Modified: 24 Oct 2022 01:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37450

Actions (login required)

View Item View Item