Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Yang Melakukan Pinjaman Online Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Serta Pengawasan Terhadap Pinjaman Online Ilegal

Yonatan, Yosef Anggit (2022) Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Yang Melakukan Pinjaman Online Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Serta Pengawasan Terhadap Pinjaman Online Ilegal. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Yosef Anggit Yonatan_205180174.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB ISI_Yosef Anggit Yonatan_205180174.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran_Yosef Anggit Yonatan_205180174.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)

Abstract

Banyak ragam inovasi yang berkembang karena kemajuan teknologi salah satunya layanan jasa yang diberikan oleh pihak perusahaan dengan menggunakan teknologi terbaru dengan memberikan layanan pinjam meminjam berbasis online. Perusahaan menyediakan platform untuk diakses secara mudah untuk melakukan pinjam meminjam uang dengan cara mudah dan cepat serta tanpa agunan namun apabila pihak yang peminjam (debitur) telat membayar pinjaman lewat dari waktu jatuh tempo maka akan dikenakanbunga, apabila masih tidak membayar maka pihak perusahaan (kreditur) akanmenyuruh penagih/debt collector yang akan menagih, selain itu banyak perusahaan yang membocorkan data pribadi pihak pe minjam (debitur). Oleh sebagi itu melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum Bagi Konsumen Yang Melakukan Pinjaman Online Serta PengawasanTerhadap Pinjaman Online Yang Belum Memiliki Izin. Metode penelitian yang digunakan yaitu yuridis normatif dengan pendekatan kasus dan perundang-undangan. Hasil penelitian bahwa bentuk perlindungan hukum konsumen asuransi dalam kasus ini yaitu perlindungan preventif dan represif. Preventif mencegah sebelum terjadinya sengketa, dan repesif mengadukan kepada Instansi Pemerintah Otoritas Jasa Keuangan. Dalam kasus ini peminjam dapat menyelesaikan masalah tersebut melalui upaya hukum, yaitu upaya hukum non-yudisial (di luar peradilan) dan upaya hukum yudisial (peradilan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Jeane Neltje Saly, SH., APU
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Bagi Konsumen Yang Melakukan Pinjaman Online, Pinjaman Online Yang Belum Memiliki Izin.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:09
Last Modified: 24 Oct 2022 03:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37458

Actions (login required)

View Item View Item