Peran PBB atas Pelanggaran HAM Terhadap Suku Uighur di Provinsi Xinjian, Republik Rakyat Cina (RRC) Berdasarkan Instrumen-Instrumen HAM Internasional.

Tumengkol, Wisye Anabella Alexandra (2022) Peran PBB atas Pelanggaran HAM Terhadap Suku Uighur di Provinsi Xinjian, Republik Rakyat Cina (RRC) Berdasarkan Instrumen-Instrumen HAM Internasional. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Wisye Anabella Alexandra Tumengkol_205180195.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB ISI_Wisye Anabella Alexandra Tumengkol_205180195.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[img] Text
Lampiran_Wisye Anabella Alexandra Tumengkol_205180195.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Pelanggaran HAM adalah adanya penyalahgunaan kekuasaan dan/atau pembiaran negara terhadap hak individu, hak masyarakat adat, hak pengungsi, dan hak kelompok minoritas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelanggaran HAM di Xinjiang yang dilakukan oleh Pemerintah RRC terhadap suku Uighur. Beberapa contoh pelanggaran HAM yang dilakukan antara lain kamp pendidikan ulang, penahanan, penganiayaan terhadap kelompok etnis atau agama, dan kekerasan seksual. Penelitian ini mengkaji, bagaimana penegakan hukum terhadap pelanggaran HAM oleh Pemerintah RRC kepada suku Uighur di Daerah Otonomi Xinjiang, RRC berdasarkan Konvensi HAM Internasional dan bagaimana tanggung jawab PBB dalam dalam penyelesaian masalah pelanggaran HAM di Daerah Otonomi Xinjiang, RRC. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif, analisis deskriptif, teknik pengumpulan data studi pustaka, teknik pengolahan data dengan pendekatan undang-undang, dan metode analisis data kualitatif. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tanggung jawab negara, teori HAM, teori penegakan hukum, teori non-intervensi, dan teori kebebasan untuk hidup. Hasil penelitian pelanggaran HAM yang dilakukan oleh Pemerintah RRC dilakukan secara sistematis terhadap pengurangan angka kelahiran yang mengarah kepada pemusnahan suatu etnis tertentu atau Genosida terhadap suku Uighur. PBB yang merupakan forum yang memfasilitasi penyelesaian masalah dalam masyarakat internasional demi kelangsungan perdamaian dunia dengan tujuan lahirnya PBB, diharapkan dan dituntut untuk dapat berperan aktif dalam menegakkan HAM dan menjunjung tinggi HAM juga diperlukannya amandemen atau pengaturan lebih lanjut terkait dengan penggunaan hak veto agar kepentingan masyarakat internasional benar-benar terakomodasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.M., M.Kn.
Uncontrolled Keywords: Hak Asasi Manusia, Kejahatan Terhadap Kemanusiaan, Perserikatan Bangsa-Bangsa, Uighur, RRC.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:12
Last Modified: 25 Oct 2022 02:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37470

Actions (login required)

View Item View Item