PENGARUH OVER DIMENSION OVERLOAD KENDARAAN (BERAT) TERHADAP KONDISI JALAN DENGAN PROGRAM HDM-4

Anwar, Saiful (2021) PENGARUH OVER DIMENSION OVERLOAD KENDARAAN (BERAT) TERHADAP KONDISI JALAN DENGAN PROGRAM HDM-4. Doctoral thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
328141002 Cover.pdf

Download (90kB)
[img] Text
328141002 Daftar Isi.pdf

Download (159kB)
[img] Text
328141002 Daftar Tabel.pdf

Download (62kB)
[img] Text
328141002 Daftar Gambar.pdf

Download (134kB)
[img] Text
328141002_Saiful_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
328141002_Saiful_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
328141002_Saiful_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
328141002_Saiful_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
328141002_Saiful_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
328141002 daftar pustaka.pdf

Download (188kB)

Abstract

Lalu lintas kendaraan berat dengan beban melebihi standar yang telah ditentukan sangat berpengaruh terhadap kerusakan jalan yang sering terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kendaraan over dimension overload (ODOL) terhadap nilai IRI, umur rencana, serta biaya dalam pemeliharaan jalan pada jalan nasional, ruas Palembang – Jambi, Indonesia. Analisis dilakukan dengan menggunakan penilaian vehicle damage factor (VDF) untuk mendapatkan pengaruh beban pada sumbu kendaraan. Hasil penilaian selanjutnya digunakan untuk mendapatkan nilai sisa umur rencana. Kemudian, analisis sensitivitas kondisi jalan terhadap konfigurasi kendaraan berat menunjukkan faktor utama yang berpengaruh terhadap kerusakan jalan. Analisis yang dilakukan menghasilkan perbandingan nilai IRI dengan tiga kondisi simulasi serta biaya penanganan. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh ODOL terhadap sisa umur rencana menghasilkan sisa sebesar 5,78 tahun untuk beban overload dan 7,89 dengan dilakukan simulasi pembebanan pada beban overload. Analisis regresi menghasilkan model persamaan dan parameter yang berpengaruh terhadap kerusakan jalan akibat kendaraan ODOL adalah Beban, Jumlah sumbu dan jumlah truk. Dengan adanya simulasi pengaturan kendaraan ODOL, dapat memperbaiki nilai IRI dan menghemat biaya pemeliharaan jalan dengan menggunakan simulasi pada HDM-4

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Tesis
Tesis > Pascasarjana
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 25 Oct 2022 08:40
Last Modified: 09 May 2023 10:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37480

Actions (login required)

View Item View Item