Analisis Pemasaran Kosmetik Ilegal yang Tidak Terdaftar Pada BPOM Berdasarkan Undang-undang Nomor 8 tentang Perlindungan Konsumen (Contoh Kasus: Pabrik Skala Rumahan Di Kalideres Tahun 2019)

Maulida, Dinda (2022) Analisis Pemasaran Kosmetik Ilegal yang Tidak Terdaftar Pada BPOM Berdasarkan Undang-undang Nomor 8 tentang Perlindungan Konsumen (Contoh Kasus: Pabrik Skala Rumahan Di Kalideres Tahun 2019). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER-ABSTRAK_DINDA MAULIDA_205180199.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB ISI_DINDA MAULIDA_205180199.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN_DINDA MAULIDA_205180199.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perlindungan konsumen diatur dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Pasal 7 huruf a berisi pelaku usaha harus beritikad baik dalam kegiatan usahanya, dengan tujuan perlindungan bagi konsumen, namun belum tercapai secara optimal dapat dilihat dalam kasus kosmetik ilegal oleh beberapa tempat usaha, dimana para oknum tidak mempunyai izin edar secara resmi yang berlaku di Indonesia, isi dan kandungan yang terdapat dalam produk tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan karena tidak adanya kepastian dari keahlian produk tersebut, seperti tidak adanya label halal, tidak memenuhi standar sesuai dengan peraturan perundang-undangan, tidak sesuai dengan standar mutu, produk kosmetik tidak sesuai dengan kondisi. Oleh karena itu produk kosmetik berbahaya banyak beredar di pasaran disebabkan minimnya pengawasan dari pihak-pihak terkait. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum dministr. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hak-hak konsumen yang dirugikan dan masih belum terpenuhi berdasarkan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan masih belum efektif terakit pengawasan yang dilakukan oleh BPOM dalam mengatasi permasalahn kosmetik ilegal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Jeane Neltje Saly, S.H., M.H., APU
Uncontrolled Keywords: perlindungan hukum; kosmetik ilegal; perlindungan konsumen
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 26 Oct 2022 03:49
Last Modified: 26 Oct 2022 03:49
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37492

Actions (login required)

View Item View Item