Wanprestasi Yang Dilakukan Oleh Debitur Atas Perjanjian Kredit Dengan Jaminan Hak Tanggungan (Studi Kasus Putusan Nomor 250/Pdt.G/PN.JKT.BRT)

Afifah, Syahrani Mutiara (2022) Wanprestasi Yang Dilakukan Oleh Debitur Atas Perjanjian Kredit Dengan Jaminan Hak Tanggungan (Studi Kasus Putusan Nomor 250/Pdt.G/PN.JKT.BRT). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Syahrani Mutiara Afifah_205180208.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB ISI_Syahrani Mutiara Afifah_205180208.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran_Syahrani Mutiara Afifah_205180208.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perjanjian kredit adalah ikatan antara kreditur dan debitur yang isinya menentukan dan mengatur hak dan kewajiban kedua belah pihak sehubungan dengan pemberian kredit. Pemberian fasilitas kredit bank selaku kreditur akan mensyaratkan adanya jaminan sebagai pengamanan dan kepastian, karena tanpa adanya jaminan bank akan sulit menghindari resiko yang mungkin akan terjadi jika debitur melakukan wanprestasi. Jaminan yang dinilai paling aman oleh bank adalah hak tanggungan. Jika jaminan masih terikat hak tanggungan tetapi terhadap hak tanggungan tersebut terjadi pemecahan sertikat maka hak tanggungan tersebut dalam hukum akan hapus. Maka dari itu diperlukan pembuatan Akta Pemberian Hak Tanggungan yang baru. Dalam skripsi ini dibahas bagaimana wanprestasi yang dilakukan oleh debitur atas perjanjian kredit dengan jaminan hak tanggungan (studi kasus putusan nomor 250/Pdt.G/Pn.Jkt.brt) dan bagaimana akibat hukum dari pemecahan sertifikat hak atas tanah yang sedang terikat hak tanggungan. Penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian hukum normatif., di mana data penelitian yang dikaji dilihat apakah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan faktor penyebab terjadinya kredit macet yaitu faktor intern dan ekstern. Pemecahan sertifikat terjadi karena perpanjangan sertifikat, pihak bank akan melakukan pengeksekusian terhadap sertifkat yang telah dipecah tersebut kepada debitur untuk memberikan Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan dan Akta Pemberian Hak Tanggungan yang baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Gunawan Djayaputra, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Wanprestasi, Perjanjian Kredit, Hak Tanggungan, Pemecahan Sertifikat
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 26 Oct 2022 06:20
Last Modified: 26 Oct 2022 06:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37494

Actions (login required)

View Item View Item