Analisis Pandemi COVID-19 sebagai dasar terjadinya Force Majeure dalam suatu perjanjian (Studi Kasus Putusan Nomor 629/Pdt.G/2020/PN JKT.SEL)

Adam, Christopher Kendrick (2022) Analisis Pandemi COVID-19 sebagai dasar terjadinya Force Majeure dalam suatu perjanjian (Studi Kasus Putusan Nomor 629/Pdt.G/2020/PN JKT.SEL). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Christopher Kendrick Adam_205180244.pdf

Download (809kB)
[img] Text
BAB ISI_Christopher Kendrick Adam_205180244.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Christopher Kendrick Adam_205180244.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran_Christopher Kendrick Adam_205180244.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Force Majeure merupakan keadaan memaksa yang terjadi apabila terjadi sesuatu yang akan mengakibatkan ketidakmungkinan ataupun kesulitan yang sangat merugikan dalam melaksanakan kewajibanya terutama dalam perihal bencana. Dalam kasus ini pihak tergugat yang juga merupakan tergugat dalam perjanjian yang terkait telah mengajukan terjadinya Force Majeure dalam perjanjianya dikarenakan oleh hambatan dalam proses produksi objek perjanjian diakibatkan oleh terjadinya Pandemi COVID-19. Penulis meniliti bahwa pertimbangan hakim dalam kasus ini telah tidak menanggapi aspek keadilan dan juga apakah keadaan mereka dapat dinyatakan sebenarnya sebagai Force Majeure dalam hukum dengan menggunakan metode penelitian hukum empiris. Hasil dari penelitian ini dan bedasarkan daripada pendapat penulis bahwa pertimbangan hakim dalam kasus ini kurang mengindahkan bukti-bukti dari salah satu pihak dalam kasus ini, dikarenakan apabila bukti-bukti dari semua pihak dapat dipertimbangkan maka Force Majeure relatif dapat diterapkan dalam kasus ini. Sebaiknya Hakim dalam memberikan keputusan akan dapat mempertimbangkan segala bukti dari semua pihak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Gunawan Djajaputra S.H., S.S.,,M.H.
Uncontrolled Keywords: Force Majeure, Pandemi, Tergugat, Perjanjian
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:29
Last Modified: 31 Oct 2022 03:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37501

Actions (login required)

View Item View Item