Kebebasan Akademik dan Otonomi Keilmuan Dalam Sistem Pemerintahan Demokrasi Pancasila (Studi Kasus Webinar Constitutional Law Society Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta).

Rismansyah, Delpedro Marhaen (2022) Kebebasan Akademik dan Otonomi Keilmuan Dalam Sistem Pemerintahan Demokrasi Pancasila (Studi Kasus Webinar Constitutional Law Society Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Delpedro Marhaen_205199203.pdf

Download (799kB)
[img] Text
BAB Isi_Delpedro Marhaen_205199203.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Delpedro Marhaen_205199203.pdf

Download (73kB)
[img] Text
Lampiran_Delpedro Marhaen_205199203.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kebebasan akademik dan otonomi keilmuaan merupakan hak mahasiswa dan dosen, namun sering mengalami masalah sebagaimana yang terjadi pada Studi Kasus Webinar, “Kebebasan Akademik dan Otonomi Keilmuan Dalam Sistem Pemerintahan Demokrasi Pancasila (Studi Kasus Webinar Constitutional Law Society Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta)”. Apakah webinar mengenai “Persoalan Pemecatan Presiden di Tengah Pandemi Ditinjau dari Sistem Ketatanegaraan” dibenarkan untuk diselenggarkan di Indonesia yang mempraktikkan sistem pemerintahan demokrasi Pancasila? Hasil penelitian menunjukkan webinar mengenai “Persoalan Pemecatan Presiden di Tengah Pandemi Ditinjau dari Sistem Ketatanegaraan” dibenarkan secara hukum untuk diselenggarkan di Indonesia yang mempraktikkan sistem pemerintahan demokrasi Pancasila, karena sejalan dengan Pasal 28 UUD 1945. Tindakan segelintir orang yang tidak dikenal yang melakukan teror pada penyelenggara webinar merupakan tindakan melawan hukum, bertentangan dengan demokrasi Pancasila dan melanggar HAM untuk bebas berbicara, berpendapat dan berkumpul serta melanggar kebebasan akademik dan otonomi keilmuan yang diatur dalam UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Tundjung Herning Sitabuana, S.H., C.N.,M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Pasal 28 UUD 1945, Kebebasan Akademik, Otonomi Keilmuan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:25
Last Modified: 01 Nov 2022 04:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37515

Actions (login required)

View Item View Item