Penerapan Asas Cepat Dalam Sidang Elektronik terkait Perkara Perbuatan Melanggar Hukum (Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Tangerang)

Sasta, Ezra De Artah (2022) Penerapan Asas Cepat Dalam Sidang Elektronik terkait Perkara Perbuatan Melanggar Hukum (Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Tangerang). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Ezra de artah sasta_207192011.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB ISI_Ezra de artah sasta_207192011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Ezra de artah sasta_207192011.pdf

Download (302kB)
[img] Text
Lampiran_Ezra de artah sasta_207192011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan pemeriksaan perkara perbuatan melanggar hukum dalam sidang elektronik seberapa efisien dengan asas cepat yang dilaksanakan oleh Pengadilan Negeri. Serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas penerapan asas cepat dalam perkara perbuatan melanggar hukum dalam sidang elektronik di Pengadilan Negeri. Selain itu penelitian ini diharapkan dapat merealisasikan cita-cita dalam suatu pengadilan terutama Mahkamah Agung sesuai dengan penerapan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 (PERMA) yang dikenal sebagai e-Court tentang bagaimana berperkara di pengadilan dengan menggunakan sistem elektronik. Sehingga untuk membentuk sistem peradilan yang terutama memiliki asas cepat ini dapat terealisasi, yang dimana proses pemeriksaan juga menerapkan sikap moderat, artinya tidak ada kecenderungan untuk terburu-buru atau sengaja memperlambat pemeriksaan. Dengan cara ini, penilaian dan keputusan pemeriksa tidak berkurang sesuai dengan nilai-nilai keadilan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah pendekatan normatif yang ditunjang oleh hasil wawancara kepada instansi atau pihak yang terkait. Dengan demikian, penilaian dan keputusan para pemeriksa tidak berkurang dalam terang nilai-nilai keadilan. Jenis penelitian yang diterapkan adalah pendekatan normatif yang didukung oleh hasil wawancara dengan instansi atau pihak yang terkait.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: e-Court, Cepat, Sederhana, Biaya Ringan, Keadilan
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:40
Last Modified: 03 Nov 2022 02:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37520

Actions (login required)

View Item View Item