Keberlakuan Klausula Eksonerasi Pada Syarat, Ketentuan dan Kebijakan Privasi Penyedia Layanan E-Commerce (Contoh Kasus: Bhinneka, Lazada dan Tokopedia)

Octaviani, Jefahnia (2022) Keberlakuan Klausula Eksonerasi Pada Syarat, Ketentuan dan Kebijakan Privasi Penyedia Layanan E-Commerce (Contoh Kasus: Bhinneka, Lazada dan Tokopedia). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
cover-Abstrak_Jefahnia Octaviani 207202003.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB ISI_Jefahnia Octaviani 207202003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Jefahnia Octaviani 207202003.pdf

Download (453kB)
[img] Text
LAMPIRAN_Jefahnia Octaviani 207202003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

E-Commerce atau electronic commerce adalah perdagangan yang dilakukan melalui sistem elektronik dengan memanfaatkan jaringan internet. Penyedia layanan e-commerce umumnya telah menetapkan terlebih dahulu syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi sehubungan penggunaan layanan-layanan yang disediakan dalam platformnya, yang tidak jarang mencantumkan klausula eksonerasi. Klausula eksonerasi berisikan pengecualian atau pengalihan tanggung jawab dalam suatu perjanjian. Syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi dalam e-commerce dapat dikategorikan sebagai kontrak elektronik, atau dokumen perjanjian yang tidak perlu ditandatangani, sehingga tunduk pada hukum perjanjian. E-commerce tunduk pada hukum perlindungan konsumen dan hukum perdagangan (elektronik) serta peraturan-peraturan lain yang berkaitan erat dengan sistem elektronik dan transaksi elektronik. Melalui penelitian ini telah dilakukan kajian lebih lanjut mengenai keberlakuan klausula eksonerasi pada syarat, ketentuan dan kebijakan privasi penyedia layanan e-commerce dan akibat hukum dari penggunaan klausula eksonerasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan pendekatan konseptual dan pendekatan undang-undang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keberlakuan klausula eksonerasi berdasarkan doktrin-doktrin hukum perjanjian dan kepastian hukum tidak dapat dibenarkan. Merujuk pada doktrin-doktrin hukum perjanjian dan peraturan-peraturan yang berlaku, penggunaan klausula eksonerasi pada syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi penyedia layanan e-commerce mengakibatkan klausula tersebut menjadi dapat dibatalkan atau batal demi hukum.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Klausula Eksonerasi, Kontrak Elektronik, E-Commerce
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:15
Last Modified: 03 Nov 2022 03:15
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37523

Actions (login required)

View Item View Item