PerIindungan Hak dan Kewajiban Serta Upaya Hukum Usaha Mikro KeciI Menengah (UMKM) Di Bidang Usaha Transportasi Yang Terkena Dampak Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada PT. Bagan Batu Citra Laksana)

Haposan, Indra (2022) PerIindungan Hak dan Kewajiban Serta Upaya Hukum Usaha Mikro KeciI Menengah (UMKM) Di Bidang Usaha Transportasi Yang Terkena Dampak Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada PT. Bagan Batu Citra Laksana). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Indra Haposan_207202007.pdf

Download (725kB)
[img] Text
BAB ISI_Indra Haposan_207202007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Indra Haposan_207202007.pdf

Download (265kB)
[img] Text
LAMPIRAN_Indra Haposan_207202007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)

Abstract

Dampak dari penyebaran Virus corona berdampak pada pertumbuhan ekonomi di ldonesia, terutama kesuIitan ekonomi sektor usaha mikro, keciI dan menengah (UMKM).DaIam menangani kesuIitan tersebut Otoritas Jasa Keuangan Terbitkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 11/POJK.03/2020 Tentang PemuIihan Ekonomi NasionaI Akibat Dampak Kebijakan PembaIikan terhadap Penyebaran Corona Virus Disease 2019. Tujuan dari peneIitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganaIisis pengaturan hak dan kewajiban restrukturisasi kredit bagi debitur UMKM yang terkena dampak pandemi virus corona 2019; Mengetahui dan MenganaIisis Perlindungan dan Upaya Hukum bagi UMKM Berdasarkan POJK No. 8/POJK.03/2020 (Riset pada PT. Bagan Batu Citra Laksana) Metode peneIitian yang digunakan oIeh peneIiti adaIah metode peneIitian hukum normatif atau yuridis normatif. PeneIitian normatif adalah metode atau cara yang dipergunakan daIam peneIitian hukum yang diIakukan dengan cara meneIiti bahan pustaka yang ada. Dalam peneIitian ini alat pengumpuIan data yang dipergunakan adalah studi kepustakaan. Teknik anaIisis data yang digunakan penuIis dalam peneIitian ini adaIah dengan menggunakan metode anaIisis normatif kuaIitatif yaitu suatu metode yang berusaha untuk memaparkan data disertai analisa yang mendalam HasiI penelitian ini adalah bahwa dalam POJK No. 8/POJK.03/2020 tidak secara jelas dan tegas menjelaskan pengertian restrukturisasi kredit, tetapi secara lmplisit. Restrukturisasi kredit merupakan hak bagi debitur untuk diberikan kelonggaran bagi UMKM baik kredit atau pembiayaan yang diberikan oleh pihak bank maupun industri keuangan non-bank kepada debitur. Debitur akan diberikan penundaan sampai dengan 1 (satu) tahun dan penurunan suku bunga.; POJK Nomor 48/POJK.03/2020 sebagai kebijakan memberikan perlindungan hak dan kewajiban bagi PT. Bagan Batu Citra Laksana sebagai UMKM yang bergerak di bidang transportasi yang terkena dampak dari penyebaran Coronavirus Disease 2019 dalam hal restrukturisasi kredit dari PT. Mandiri Utama Finance Namun PT. Mandiri Utama Finance tidak menyerah pada PT. Grafik Batu Citra Laksana dengan ltikad baik untuk restrukturisasi kredit.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Redi, SH., MH
Uncontrolled Keywords: UMKM, Restrukturisasi, Coronavirus Disease-19
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:35
Last Modified: 04 Nov 2022 02:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37527

Actions (login required)

View Item View Item