Penerapan Prinsip Perlindungan Terhadap Direksi Atas Tindakan Ultra Vires Yang Mengakibatkan Kerugian Nasabah Asuransi Jiwasraya (Studi putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 2935 K/PID.SUS/2021)

Arintono, Surya (2022) Penerapan Prinsip Perlindungan Terhadap Direksi Atas Tindakan Ultra Vires Yang Mengakibatkan Kerugian Nasabah Asuransi Jiwasraya (Studi putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 2935 K/PID.SUS/2021). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_SURYA ARINTONO_207202009.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB Isi_SURYA ARINTONO_207202009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_SURYA ARINTONO_207202009.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Lampiran_SURYA ARINTONO_207202009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB)

Abstract

Pengelolaan perseroan wajib dilakukan oleh Direksi dengan itikad baik dan kehati-hatian sesuai dengan maksud dan tujuan perseroan. Direksi berpedoman pada anggaran dasar dan peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Namun tidak jarang Direksi lalai dan melakukan kesalahan dalam pengelolaan perseroan, bahkan Direksi melakukan tindakan ultra vires dengan melakukan transaksi dan perbuatan hukum melampaui kewenangannya sebagaimana yang terjadi dalam kasus kerugian nasabah PT Asuransi Jiwasraya Persero. Direksi PT AJS mengabaikan pedoman yang telah ditetapkan dalam anggaran dasar, Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, SOP dan good corporate governance sehingga mengakibatkan kerugian bagi Perseroan. Penelitian ini mengkaji lebih dalam terhadap tindakan ultra vires yang dilakukan oleh Direksi dan perlindungan yang diberikan berdasarkan prinsip business judgment rule pada Undang-Undang Perseroan Terbatas yang telah memberikan kriteria terkait sejauh mana Direksi mendapatkan perlindungan hukum dan bagaimana Direksi wajib bertanggung jawab baik secara Pribadi maupun tanggung renteng. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian normatif dengan pendekatan yuridis dan penelitian terhadap bahan hukum primer dan sekunder.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Direksi, Ultra Vires, Business Judgment Rule, Good Corporate Governance
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:39
Last Modified: 04 Nov 2022 02:39
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37528

Actions (login required)

View Item View Item