MODEL PENGAWASAN DELIK TINDAK PIDANA PENGURANGAN VOLUME GAS ELPIJI 3 KG OLEH PENGISIAN BULK ELPIJI DI TINGKAT PENYIDIKAN DIHUBUNGKAN DENGAN KUHAP

Akbar, Airlangga Mahendra (2022) MODEL PENGAWASAN DELIK TINDAK PIDANA PENGURANGAN VOLUME GAS ELPIJI 3 KG OLEH PENGISIAN BULK ELPIJI DI TINGKAT PENYIDIKAN DIHUBUNGKAN DENGAN KUHAP. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_AIRLANGGA MAHENDRA AKBAR_207202010.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB Isi__AIRLANGGA MAHENDRA AKBAR_207202010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_AIRLANGGA MAHENDRA AKBAR_207202010.pdf

Download (274kB)
[img] Text
Lampiran_AIRLANGGA MAHENDRA AKBAR_207202010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)

Abstract

Faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya tindak pidana pengurangan volume gas elpiji 3 kg yaitu pertama faktor hukum, yaitu dalam terjadinya pengurangan volume gas elpiji sering terjadinya kasus yang mengakibatkan konsumen dirugikan yaitu isi volume gas yang tidak sesuai dengan isi ukurannya. Kedua, faktor penegak hukum, yaitu dalam tindak pidana pengurangan volume gas elpiji terjadi karena kurangnya pengawasan dari pihak yang berwajib. Ketiga faktor sarana atau fasilitas, yaitu Dalam pengurangan volume gas elpiji kurangnya sarana dan prasarana sehingga tidak ada pihak yang menguji dan mengukur setiap isi volume gas elpiji. Keempat faktor masyarakat, yaitu pengurangan volume gas elpiji banyak pelaku usaha yang mengambil kesempatan, misalnya memindahkan isi gas elpiji ke tempat gas elpiji yang masih kosong. Dan kelima faktor kebudayaan, yaitu dalam hal tindak pidana pengurangan gas elpiji ini terdapat beberapa pelanggaran yang harus diselesaikan dengan beberapa pasal dan diantaranya kasus ini menyangkut umum banyak pihak yang dirugikan, khususnya konsumen yang menggunakan gas elpiji. Upaya yang dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia untuk mencegah terjadinya tindak pidana pengurangan volume gas elpiji 3 kg yaitu dengan upaya preventif dan upaya represif. Untuk mencegah terjadinya tindak pidana pengurangan volume gas elpiji 3 kg dalam upaya preventif yang diperlukan adalah cara untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat bahwa keamanan dan ketertiban merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya kepolisian, pemerintah tetapi masyarakat harus turut serta. Kemudian upaya represif merupakan suatu upaya penanggulangan tindak pidana pengurangan volume gas elpiji 3 kg dengan melakukan penindakan yang dilakukan terhadap para pelaku tindak pidana pengurangan volume gas elpiji 3 kg.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Fiman Wijaya, S.H.,M.H.
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Delik, Tindak Pidana, Pengurangan Volume Gas Elpiji, Penyidikan, KUHAP
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:42
Last Modified: 04 Nov 2022 02:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37529

Actions (login required)

View Item View Item