Sekolah vokasi ilmu komputer BSD (ARS - 5217)

Margaretha, Lauren (2019) Sekolah vokasi ilmu komputer BSD (ARS - 5217). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan di Indonesia belum siap untuk dipakai dalam dunia kerja karena adanya keterbatasan kemampuan dari lulusan sarjana masa kini. Oleh karena itu, untuk generasi millenial sebagai calon lulusan sarjana, perubahan sistem pendidikan menjadi salah satu hal yang penting di masa depan. Secara arsitektural, hal yang ingin dicapai adalah menciptakan ruang edukasi yang sesuai dengan kebutuhan. Sekolah vokasi menjadi salah satu solusi untuk mengatasi angkatan kerja yang dianggap belum memiliki skill yang cukup. Secara spesifik, bidang yang menjadi fokus di dalam sekolah vokasi ini adalah Computer Science atau Ilmu Komputer. Teori menyimpulkan bahwa hubungan antara tipologi, arsitektur, dan perilaku millenial pada bangunan edukasi adalah ruang yang memiliki sistem kolaborasi dan ruang kelas yang efektif. Metode perancangan yang digunakan adalah analisa bertahap, yaitu pada tapak, program kegiatan, dan konsep perancangan, dimana analisa tersebut menghasilkan desain. Kesimpulannya, pemilihan tapak tidak mempengaruhi bangunan edukasi, melainkan lebih kepada pembagian sirkulasi. Pada program kegiatan, sistem bangunan secara arsitektural adalah membagi kapasitas kelas tertutup, dengan ruang terbuka seperti ruang kolaboratif untuk belajar di luar kelas ataupun saling diskusi. Program tersebut untuk membangun suasana pendidikan yang kondusif dan mendukung untuk meningkatkan kemampuan pada pelajar. Dan terakhir, ruang terbuka memiliki perbedaan peil lantai menjadi salah satu komponen dalam nilai arsitektur yang bisa digunakan untuk menjamin adanya konektivitas antar ruang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 28 Nov 2022 05:00
Last Modified: 28 Nov 2022 05:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37648

Actions (login required)

View Item View Item