HUBUNGAN PENGETAHUAN AYAH TERHADAP PELAKSANAAN INISIASI MENYUSU DINI DI TIGA PUSKESMAS DI JAKARTA BARAT PERIODE OKTOBER 2014 – MEI 2015

WARDANA, ADHI (2015) HUBUNGAN PENGETAHUAN AYAH TERHADAP PELAKSANAAN INISIASI MENYUSU DINI DI TIGA PUSKESMAS DI JAKARTA BARAT PERIODE OKTOBER 2014 – MEI 2015. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
WARDANA, ADHI 405120042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keberhasilan pelaksanaan inisiasi menyusu dini (IMD) dipengaruhi oleh keterlibatan ayah, yang perlu didukung oleh pengetahuan ayah tentang pelaksanaan dan manfaat IMD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan ayah terhadap pelaksanaan inisiasi menyusu dini di tiga Puskesmas di Jakarta Barat. Penelitian ini merupakan pendekatan analitik observasional dengan desain potong lintang. Sampel penelitian adalah 63 ayah yang memiliki anak berumur 0-6 bulan di tiga Puskesmas di Jakarta Barat pada periode Oktober 2014 – Mei 2015. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik Non-random Convenient sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan metode chi-square. Hasil penelitian menunjukkan proporsi ayah yang mengetahui tentang inisasi menyusu dini sebesar 4%, proporsi pelaksanaan inisiasi menyusu dini sebesar 14%, dan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan ayah dengan pelaksanaan inisiasi menyusu dini p-value=1,00 (p>0,05) dan PR = 1,171. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak adanya hubungan antara pengetahuan ayah dengan pelaksanaan inisiasi menyusu dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: father, knowledge, implementation, IMD, ayah, pengetahuan, pelaksanaan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:23
Last Modified: 06 Dec 2022 04:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37826

Actions (login required)

View Item View Item