HUBUNGAN GANGGUAN SALURAN NAPAS DENGAN STUNTING PADA ANAK USIA 0-24 BULAN DI PUSKESMAS GROGOL PETAMBURAN KOTA JAKARTA BARAT TAHUN 2019

YOSELIN, MICHELE (2019) HUBUNGAN GANGGUAN SALURAN NAPAS DENGAN STUNTING PADA ANAK USIA 0-24 BULAN DI PUSKESMAS GROGOL PETAMBURAN KOTA JAKARTA BARAT TAHUN 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
YOSELIN, MICHELE 405160077.pdf

Download (7MB)

Abstract

Stunting adalah masalah gizi kronis yang salah satunya disebabkan karena gangguan napas berulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gangguan saluran napas dengan stunting pada anak usia 0-24 bulan. Metode penelitian adalah cross-sectional study. Subjek penelitian diperoleh dengan cara non probability sampling. Responden penelitian adalah 119 anak usia 0-24 bulan. Pengumpulan data dengan wawancara langsung terhadap ibu menggunakan kuesioner. Kuesioner terdiri dari pertanyaan tentang identitas responden, riwayat gangguan saluran napas, dan hasil pengukuran langsung panjang badan. Berdasarkan hasil wawancara dan pengukuran panjang badan terhadap usia didapatkan bahwa 29,4% anak stunting di Puskesmas Grogol Petamburan Kota Jakarta Barat memiliki riwayat gangguan saluran napas. Pada hasil Fisher’s Exact Test terhadap hubungan gangguan saluran napas dengan stunting ditemukan nilai p = 0,021 yang artinya terdapat hubungan yang bermakna dan rasio prevalens 6,67 yang artinya responden dengan riwayat gangguan saluran napas memiliki prevalensi 6,67 kali lebih tinggi untuk mengalami kejadian stunting. Kesimpulan dari penelitian ini adalah anak dengan riwayat gangguan saluran napas mempengaruhi kejadian stunting di Puskesmas Grogol Petamburan Kota Jakarta Barat. Saran penelitian ini adalah perlu dilakukan pada populasi yang lebih banyak dan heterogen untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat dengan metode yang bisa menggambarkan hubungan sebab akibat seperti metode cohort atau experimental dan hasil penelitian ini perlu dijadikan sebagai materi konseling agar anak-anak yang mengalami gangguan gangguan saluran napas dapat tercegah dari stunting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pambudi, Wiyarni
Uncontrolled Keywords: gangguan saluran napas, stunting
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 12 Dec 2022 08:30
Last Modified: 12 Dec 2022 08:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37895

Actions (login required)

View Item View Item