PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK VACCINIUM MACROCARPON AITON TERHADAP AKTIVITAS SPESIFIK ENZIM KATALASE JANTUNG DAN DARAH TIKUS SPRAGUE DAWLEY SETELAH DIINDUKSI HIPOKSIA

AFANDY, JONATHAN EDBERT (2019) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK VACCINIUM MACROCARPON AITON TERHADAP AKTIVITAS SPESIFIK ENZIM KATALASE JANTUNG DAN DARAH TIKUS SPRAGUE DAWLEY SETELAH DIINDUKSI HIPOKSIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ATANDY, JONATHAN EDBERT 405160200.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hipoksia adalah kondisi dimana kadar oksigen tidak berada oksigen tidak berada dalam level yang fisiologis. Kondisi tersebut menyebabkan peningkatan produksi Reactive Oxygen Species (ROS) yang dapat merusak organ salah satunya jantung. Kerusakan akibat ROS dapat dicegah dengan antioksidan, baik endogen seperti katalase, maupun eksogen seperti buah kranberi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efek pemberian ekstrak buah kranberi (Vaccinium macrocarpon Aiton) terhadap aktivitas spesifik katalase pada jantung dan darah tikus yang telah diinduksi hipoksia sistemik kronik. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental dan dilakukan secara in vitro yang meliputi uji fitokimia, kapasitas total antioksidan (Blois), kadar fenolik total (Singleton & Rossi), kadar alkaloid total (Trivedi, dkk.), dan toksisitas (Meyer), serta in vivo yang terdiri dari aktivitas spesifik katalase (Maté), dan pemeriksaan patologi anatomi. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 ekor tikus Sprague Dawley yang dibagi ke dalam dua kelompok, uji (diberi ekstrak buah kranberi) dan kontrol. Masing-masing kelompok dibagi lagi kedalam empat subkelompok (normoksia, hipoksia 1, 7, dan 14 hari). Hasil uji didapatkan ekstrak buah kranberi mengandung alkaloid (66.118 µg/mL), phenols (351.64 µg/mL), anthocyanin, betacyanin, cardio glycosides, coumarins, flavonoids, glycosides, quinones, steroids, terpenoids, dan tannins, kapasitas total antioksidan IC50 49.760 μg/mL, dan nilai toksisitas LC50 153.081 µg/mL. Terjadi penurunan aktivitas spesifik katalase seiring bertambah lamanya perlakuan hipoksia, aktivitas spesifik katalase kelompok uji lebih tinggi dari kelompok kontrol, dan terdapat hubungan yang sangat kuat antara aktivitas spesifik katalase pada jantung dan darah. Gambaran patologi anatomi jantung tikus kelompok uji terlihat kerusakan yang lebih ringan dibandingkan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Gunawan, Shirly
Uncontrolled Keywords: stres oksidatif, Vaccinium macrocarpon Aiton, katalase, jantung, darah
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:18
Last Modified: 13 Dec 2022 07:18
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37903

Actions (login required)

View Item View Item