HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT ANTI DIABETES ORAL TERHADAP KONTROL GULA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI KLINIK PRATAMA SATHYA SAI, JAKARTA

ALICIA, ALICIA (2020) HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT ANTI DIABETES ORAL TERHADAP KONTROL GULA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI KLINIK PRATAMA SATHYA SAI, JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ALICIA 405160191.pdf

Download (2MB)

Abstract

Diabetes Melitus (DM) merupakan penyakit tidak menular dengan ciri-ciri tingginya kadar gula di dalam darah karena tubuh tidak bisa mengkompensasi tingginya kadar gula darah. Indonesia menduduki peringkat ke-6 di dunia pengidap DM terbanyak dengan jumlah sekitar 10 juta penduduk dewasa (umur 20 - 79 tahun) yang mengidap DM. Manajemen DM mengikutsertakan banyak faktor dan kepatuhan merupakan salah satu faktor yang dapat dimodifikasi dan dapat mempengaruhi hasil terapi DM. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara kepatuhan minum obat dan kontrol kadar gula darah pada pasien DM tipe II di klinik Pratama Sathya Sai, Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian observasional yang dilakukan dengan desain penelitian cross-sectional (potong lintang). Subyek penelitian adalah pasien rawat jalan DM tipe 2 di Klinik Pratama Sathya Sai, Jakarta yang telah didiagnosis oleh dokter dan mendapatkan terapi anti diabetik oral (ADO). Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner untuk mendapatkan identitas dan tingkat kepatuhan, riwayat pengobatan diambil dari rekam medis dan pengukuran kadar gula darah dilakukan menggunakan glukometer. Dari 102 subyek didapatkan 63 (61,8%) gula darahnya tidak terkontrol dan 11 (10.8%) sangat patuh mengkonsumsi ADO. Didapatkan 25 (24,5%) pasien yang tingkat kepatuhannya tinggi dan gula darahnya terkontrol. Hasil analisis chi-square pada penelitian ini menunjukkan hubungan yang signifikan antara kepatuhan minum obat dengan kontrol gula darah (p=0,030; PR=0,68).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Johan
Uncontrolled Keywords: diabetes mellitus, kepatuhan, gula darah, ADO
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 15 Dec 2022 07:52
Last Modified: 15 Dec 2022 07:52
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37925

Actions (login required)

View Item View Item