Ruang edu - rekreatif kisaran (ARS - 5141)

William, William (2019) Ruang edu - rekreatif kisaran (ARS - 5141). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rutinitas keadaan perkotaan yang tidak sesuai dengan nilai kesejamanan millenial dalam hal rekreasi dan bersosialisasi menjadikan ketidak-seimbangan antara kota Kisaran dan generasi milenialnya. Generasi milenial merasa nilai kesejamanan di kota tidak berkembang. Oleh karena itu, solusinya adalah untuk menciptakan hubungan yang lebih positif antara aspek kota dan millenial. Dengan ini, Ruang Edu-rekreatif Kisaran didirikan dengan dibekali beberapa area massa yang masing-masing berfungsi untuk memenuhi sarana rekreatif dan edukatif yang tidak luput dari hal bersosialisasi. Bangunan dibentuk dengan metode hibrid dan sistem pemakaian kembali bangunan bekas rumah burung walet yang merupakan simbol jejak urban dan aspek kota. Dengan cara hibrid antara bangunan bekas dan bangunan baru dimana, bangunan bekas ditata ulang secara efektif agar dijadikan galeri dan area untuk bersosialisasi dengan kombinasi antara cahaya, material dan bentuk tipologi ruang berundak fleksibel sesuai karakter milenial. Bangunan baru yang berasal dari kombinasi kontekstual tapak yaitu elemen ekologis sekitar tapak dan kota didesain berbasis tipologi sirkulasi, mengingat sirkulasi merupakan salah satu aspek penting dalam memaksimalkan pengalaman yang rekreatif edukatif dan menghasilkan program seperti area konservasi ekologis, galeri dan area rekreatif lainnya dimana design akhir bangunan disuntikan lokalitas tema yaitu morfologi sarang walet itu sendiri. Kombinasi antara bentuk massa dan program yang kontekstual menghasilkan suatu bangunan dengan konsep yang berbeda namun harmonis agar secara positif dan simbolis mengubah pandangan kota saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 20 Dec 2022 05:26
Last Modified: 20 Dec 2022 05:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37998

Actions (login required)

View Item View Item