HUBUNGAN ANTARA HBA1C DENGAN LAJU FILTRASI GLOMERULUS PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RUMAH SAKIT SWASTA JAKARTA BARAT

JENNEFER, JENNEFER (2019) HUBUNGAN ANTARA HBA1C DENGAN LAJU FILTRASI GLOMERULUS PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RUMAH SAKIT SWASTA JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
JENNEFER 405160040.pdf

Download (1MB)

Abstract

Diabetes melitus (DM) adalah suatu penyakit metabolik yang ditandai dengan hiperglikemia. Prevalensi DM diperkirakan akan meningkat hingga 592 juta orang di tahun 2035. DM tipe 2 merupakan bentuk paling umum dari penyakit ini, sekitar 90% dari kasus merupakan DM tipe 2. Menurut Sample Registration Survey (SRS) 2014, penyebab kematian tertinggi ketiga di Indonesia adalah DM dengan komplikasi. Nefropati merupakan salah satu komplikasi yang sering terjadi pada DM tipe 2. Nefropati ditandai dengan penurunan laju filtrasi glomerulus (LFG). LFG dapat diukur dari kadar serum kreatinin dengan menggunakan formula Chronic Kidney Disease Epidemiology Collaboration (CKD-EPI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara HbA1c dengan LFG pada pasien DM tipe 2. Jenis penelitian ini bersifat analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Swasta Jakarta Barat dengan menggunakan 108 responden dari rekam medis pasien DM tipe 2. Data yang diambil yaitu hasil dari pemeriksaan laboratorium kadar HbA1c dan serum kreatinin. Variabel dari penelitian ini yaitu pasien DM tipe 2 dengan kadar HbA1c dan LFG. Untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara HbA1c dengan LFG pada pasien DM tipe 2, penelitian ini menggunakan analisis bivariat dengan uji statistik Spearman. Dari hasil uji statistik Spearman tidak ditemukan adanya hubungan yang bermakna antara HbA1c dengan LFG (p value = 0,217), tetapi dari hasil tersebut ditemukan juga responden dengan kadar HbA1c yang tinggi lebih berisiko 1,04 kali mengalami penurunan LFG (PR = 1,04).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Gunawan, Paskalis Andrew
Uncontrolled Keywords: DM tipe 2, HbA1c, LFG
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 20 Dec 2022 08:55
Last Modified: 20 Dec 2022 08:55
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38024

Actions (login required)

View Item View Item