Function: pembelajaran berbasis eksplorasi (ARS - 5090)

Aprilia, Harvanessa (2019) Function: pembelajaran berbasis eksplorasi (ARS - 5090). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam beberapa literatur menyatakan bahwa learning style generasi milenial lebih mendominasi secara visual dan kinestetik, mengarah kepada komunitas, sehingga umumnya mereka lebih menikmati interaksi dan sharing learning environment dari pada membaca buku. Generasi ini dideskripsikan sebagai generasi yang serba cepat dan praktis dalam mencari kesenangan. Cerdas teknologi tetapi juga dikategorikan sebagai generasi yang tergantung pada teknologi, serta memiliki rentang perhatian yang pendek. Dengan perkembangan yang serba instan, tidak sedikit dari generasi milenial yang kurang menghargai proses dan hanya berfokus pada hasil akhir, padahal kualitas sebuah proses tidak hanya menentukan kualitas hasil akhir tapi juga memicu rasa kepemilikan dan rasa menghargai terhadap apa yang dihasilkan. Berdasarkan hasil studi yang telah berlangsung, maka dibutuhkan wadah dimana generasi muda dapat mencurahkan kreativitasnya melalui proses. Makerspace mengandung unsur self-made yang memicu rasa kepemilikan dan unsur sharing, serta experiment yang sesuai dengan working and learning style of millennials. Makerspace merupakan salah satu program yang dianggap bukan hanya cocok namun juga sedang popular didunia industri kreatif dan sangat menarik perhatian generasi milenial dalam aspek kreativitas. Mengkombinasi antara ilmu pengetahuan, seni dan estetika tidak hanya akan mendukung proses berfikir dalam dunia pendidikan namun juga meningkatkan nilai-nilai moral seperti menghargai. Mampu menghargai setiap proses yang dilalui sebagai pembelajaran, baik proses pengerjaan yang dilakukan pribadi maupun kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:57
Last Modified: 23 Dec 2022 02:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38095

Actions (login required)

View Item View Item