Subjective Well-Being dan Regulasi Diri Remaja Pelaku Tindak Kekerasan (Studi pada anak pidana di Lembaga Pemasyarakatan Anak Pria – Tangerang)

Soetikno, Naomi and Basaria, Debora (2014) Subjective Well-Being dan Regulasi Diri Remaja Pelaku Tindak Kekerasan (Studi pada anak pidana di Lembaga Pemasyarakatan Anak Pria – Tangerang). Karya Ilmiah Dosen. pp. 97-102. ISSN 978-502-14-4-9

[img] Text
2891-6212-1-PB.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
peer review.pdf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Kekerasan yang dilakukan oleh remaja sangat berkaitan dengan kondisi psikologis dari mereka seperti bagaimana seorang remaja dapat memaknai kabahagiaan atau Subjective Well-Being. Peranan afek positif dan afek negatif pada Subjective Well-Being dapat sangat mendukung seorang memaknai dan menerima keberadaan dirinya, sehingga dimungkinkan dapat terbentuknya kemampuan regulasi diri. Kekerasan juga sangat dipengaruhi oleh kemampuan regulasi diri pada individu. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan Subjective Well-Being dan regulasi diri pada remaja pelaku tindak kekerasan. Hasil penelitian ini merupakan data yang dapat digunakan sebagai rancangan intervensi yang bersifat preventif dan rehabilitatif mengenai penanggulangan kekerasan yang dilakukan oleh remaja. Partisipan penelitian ini adalah remaja pelaku tindak kekerasan berusia 16-18 tahun dan berada di Lembaga Pemasyarakatan Anak Pria di Tangerang dengan jumlah 30 orang. Pengukuran subjective well-being menggunakan alat ukur Positive affect and Negative affect Schedule (PANAS) dan Self Regulation Questionnaire (SRQ). Hasil dari penelitian adalah bahwa tidak adanya hubungan Subjective well-being dengan regulasi diri, namun demikian komponen afek positif dari subjective well-being memiliki hubungan positif dan signifikan dengan regulasi diri. Regulasi diri dari partisipan yang berkaitan dengan subjective well-being adalah dimensi implementing dan assessing.

Item Type: Article
Subjects: Karya Ilmiah Dosen > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 11 Apr 2017 04:30
Last Modified: 24 Jul 2017 03:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/381

Actions (login required)

View Item View Item