Ruang edukasi dan hiburan bersama hewan (ARS - 5078)

Sanusi, Sheren Pricillia (2019) Ruang edukasi dan hiburan bersama hewan (ARS - 5078). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesehatan mental masyarakat kota yang disebabkan oleh gaya hidup di kota metropolis merupakan tujuan utama perancangan proyek. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi gaya hidup masyarakat kota seperti daya saing, sifat individualis serta kota itu sendiri yang mengalami penurunan daya tampung akibat perkembangan penduduk. Hewan peliharaan merupakan salah satu terapi alternatif yang dapat membantu menenangkan jasmani dan rohani manusia. Sebuah ruang interaksi antara manusia dan hewan sebagai sarana rekreasi yang edukatif. Pendekatan perancangan berupa kajian pustaka, studi literatur, studi lapangan serta analisis terhadap program-program yang memiliki kemiripan. Metode ini digunakan untuk menambah pengetahuan dalam proses perancangan proyek. Program utama dalam proyek ini adalah sebuah kebun binatang yang memberikan kesempatan pada pengunjung untuk bermain bersama hewan. Terdapat beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti discovery center, Aquarium, Bird & Butterfly Aviary dan 4D Cinema. Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk memberikan pengalaman edukatif yang menarik sehingga masyarakat khususnya anak-anak dapat berkembang melalui interaksinya dengan hewan. Interaksi dengan hewan membawa sejumlah dampak positif bagi anak-anak, seperti melatih rasa empati sejak dini dan membangun kecerdasan terutama dalam hal emosi dan sosial. Proyek ini diharapkan dapat membantu meringankan dan mengurangi tingkat stress masyarakat dan kota Jakarta itu sendiri serta menimbulkan efek yang baik bagi kawasan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:34
Last Modified: 23 Dec 2022 03:34
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38107

Actions (login required)

View Item View Item