Penyelesaian perkara delik aduan tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga di luar pengadilan di wilayah Polres Jayapura Kota

Prakoso, Muhammad Indra (2022) Penyelesaian perkara delik aduan tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga di luar pengadilan di wilayah Polres Jayapura Kota. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Muhammad Indra Prakoso_207191026.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Bab Isi_Muhammad Indra Prakoso_207191026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Muhammad Indra Prakoso_207191026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
Lampiran_Muhammad Indra Prakoso_207191026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

KDRT merupakan jenis kekerasan yang memiliki sifat-sifat khas yakni dilakukan di dalam rumah, pelaku dan korban adalah anggota keluarga serta sering kali dianggap bukan sebagai bentuk kekerasan. Persoalan yang hendak ditelaah melalui riset ini ialah penyebab timbulnya kekerasan dalam rumah tangga di wilayah Polres Jayapura Kota serta bentuk penyelesaian perkara pidana tindak KDRT di luar pengadilan oleh Polres Jayapura Kota. Jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris. Sifat penelitian ini ialah deskriptif, sebab secara spesifik tujuan penelitian ini untuk memberi gambaran tentang permasalahan penelitian ini. Atas dasar jenis penelitian dan pendekatan masalah, data yang dipakai ialah data sekunder juga data primer. Instrumen pengumpulan data yakni wawancara, studi pustaka, dan dokumen. Teknik analisis data yang dipakai dalam riset ini ialah analisis kualitatif. Berlandaskan pembahasan didapati, pemicu timbulnya KDRT di wilayah Polres Jayapura Kota adalah masalah ekonomi, perselingkuhan, usia nikah terlalu muda, adanya campur tangan dari pihak suami atau istri. Bentuk penyelesaian perkara pidana tindak kekerasan dalam rumah tangga di luar pengadilan oleh Polres Jayapura Kota yaitu dengan cara pihak yang berseteru menuntaskan perkaranya sendiri tidak disertai pertolongan dari pihak ketiga selaku penghubung (mediator), pihak yang berseteru memohon pertolonganpada keluarga supaya dituntaskan atau ditengahi, Pihak yang berseteru secara tulus saling menyetujui untuk memohon pertolongan pada kepala dusun/ kepala desa supaya ditengahi (dimediasi).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Rasji, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian, tindak pidana, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), pengadilan, mediasi, Jayapura Kota.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:10
Last Modified: 12 Jan 2023 07:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38144

Actions (login required)

View Item View Item