Pertanggungjawaban Pejabat Umum dalam Penerbitan Covernote (Catatan Penutup) studi kasus Putusan Pengadilan Tinggi Makassar Nomor 49/Pid.Sus-TPK/2018/PT.Mks

Derian, Bryant (2022) Pertanggungjawaban Pejabat Umum dalam Penerbitan Covernote (Catatan Penutup) studi kasus Putusan Pengadilan Tinggi Makassar Nomor 49/Pid.Sus-TPK/2018/PT.Mks. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Briant Derian_217202029.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB ISI_Briant Derian_217202029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Briant Derian_217202029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
Lampiran_Briant Derian_217202029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Covernote adalah kebiasaan yang dilakukan oleh Notaris yang berisi suatu pernyataan atau keterangan Notaris yang menyebutkan atau menguraikan bahwa tindakan hukum tertentu para pihak/penghadap untuk Akta tertentu yang telah dilakukan di hadapan Notaris. Sebagai kebiasaan hukum atau living law, covernote harus mengandung 3 (tiga) aspek yaitu formal, materil, dan lahiriah. Bank meminta pembuatan covernote kepada Notaris dikarenakan kepentingan internalnya yaitu sebagai dasar untuk mencairkan kredit, audit internal, pekerjaan-pekerjaan yang memerlukan waktu agar dapat diawasi. Dalam studi kasus pembuatan covernote di Putusan Pengadilan Tinggi Makassar Nomor 49/Pid.Sus-TPK/2018/PT.MKS, menjelaskan pada tanggal 14 November 2009 Aming Gozal selaku Direktur PT. GMG mengajukan kredit investasi kepada PT. BNI SKC Parepare untuk keperluan tambahan modal kerja Departemen Store dan kredit investasi untuk keperluan renovasi Mall of Makassar. PT. BNI SKC Parepare mendatangi Notaris/PPAT dengan surat untuk meminta bantuan kepada Notaris/PPAT, PT. GMG dan PT. BNI SKC Parepare menyerahkan surat-surat atau akta-akta yang diperlukan agar dapat diproses oleh Notaris/PPAT dan Notaris/PPAT membuat keterangan yang disebut covernote yang isinya menerangkan hal-hal yang akan ditandatangani. Identifikasi masalah yang terdapat dalam putusan ini adalah mengenai kekuatan hukum dan pertanggungjawaban pejabat umum terhadap covernote yang dikeluarkannya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis normatif dan deskriptif analisis, sedangkan hasil penelitian akan menjelaskan fakta atau kasus posisi, dakwaan, banding, amar putusan, dan data hasil wawancara.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Benny Djaja, S.H.,M.M.,M.Hum.,MKn.
Uncontrolled Keywords: Covernote, Notaris, Kreditur dan Debitur
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:31
Last Modified: 13 Jan 2023 01:31
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38151

Actions (login required)

View Item View Item