Penyelundupan Hukum Kepemilikan Hak Atas Tanah Warga Negara Asing Dalam Perkawinan Campur Pada Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 3403.K/Pdt/2016

Puteri, Caecilia Deviana (2022) Penyelundupan Hukum Kepemilikan Hak Atas Tanah Warga Negara Asing Dalam Perkawinan Campur Pada Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 3403.K/Pdt/2016. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Caecilia Deviana Puteri_217202005.pdf

Download (955kB)
[img] Text
BAB ISI_Caecilia Deviana Puteri _217202005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Caecilia Deviana Puteri _217202005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
Lampiran_Caecilia Deviana Puteri _217202005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sesuai dengan Pasal 21 dan 26 Undang-Undang Pokok Agraria mengatur kepemilikan hak atas tanah di Indonesia khususnya pengaturan Hak mililk di Indonesia di dalamnya telah diatur mengenai subyek Hak Milik atas tanah dan akibat hukum jika Hak Milik secara langsung atau tidak langsung menjadi kepemilikan pihak asing. Bentuk penyelundupan hukum yang lazim dilakukan untuk mengelabui/menyimpang hukum dengan mengadakan perjanjian nominee atau perjanjian meminjam nama Warga Negara Indonesia untuk tujuan kepentingan Warga Negara Asing. Salah satu caranya yaitu Warga Negara Asing dapat memiliki Hak Milik atas tanah di Indonesia dengan salah satu caranya melakukan perkawinan campur dengan Warga Negara Indonesia, di mana perkawinan tersebut hanya sebagai kedok atau pura-pura. Selanjutnya, Warga Negara Indonesia akan diikat dalam suatu perjanjian nominee yang pada prinsipnya memindahkan Hak Milik atas tanah tersebut kepada Warga Negara Asing yang menguntungkan Warga Negara Asing dengan menguasai tanah Hak Milik orang Indonesia. Praktek perjanjian nominee melanggar ketentuan hukum yang berlaku dan sangat merugikan Warga Negara Indonesia tersebut karena Warga Negara Indonesia tidak dapat menguasai tanah yang secara hukum Warga Negara Indonesia merupakan pemilik yang sah. Penulis akan menjelaskan keabsahan hukum perjanjian nominee tersebut sesuai dengan ketentuan Perundang-undangan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Benny Djaja, S.H., S.E., SP.N., M.Hum, M.M, Mkn
Uncontrolled Keywords: Hak Milik atas tanah, penyelundupan hukum, perjanjian nominee
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:35
Last Modified: 13 Jan 2023 01:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38152

Actions (login required)

View Item View Item