Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Di Kabupaten Kepulauan Mentawai Menurut Peraturan Menteri Agraria Dan Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap

Sukmaningsih, Febrianti (2022) Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Di Kabupaten Kepulauan Mentawai Menurut Peraturan Menteri Agraria Dan Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Febrianti Sukmaningsih_217192006.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Bab Isi_Febrianti Sukmaningsih_217192006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Febrianti Sukmaningsih_217192006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
Lampiran_Febrianti Sukmaningsih_217192006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB)

Abstract

Tanah yang dijadikan program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai hampir seluruhnya merupakan tanah adat, namun tidak ada aturan khusus yang mengatur bagaimana pemberian Alas Hak pada tanah adat tersebut. Penelitian ini difokuskan pada pendaftaran tanah sistematik lengkap di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang mana pemberian Alas Hak memakai mekanisme sistem penegasan konversi yang diatur dalam Undang-undang Pokok Agraria (UUPA). Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pengumpulan Alas Hak pada PTSL di Kabupaten Kepulauan Mentawai dilakukan dengan sistem penegasan konversi yang merupakan penyesuaian hak-hak atas tanah yang pernah tunduk kepada sistem hukum yang lama yaitu hak-hak tanah menurut kitab Undang-undang Hukum Perdata Barat dan tanah-tanah yang tunduk kepada hukum adat untuk masuk dalam sistem hak-hak tanah menurut ketentuan UUPA; 2) proses pelaksanaan program PTSL di Kabupaten Kepulauan Mentawai pada anggaran 2021 telah terlaksana dengan baik dengan tingkat presentase ketercapaian yang cukup tinggi bahkan melebihi target awal terutama di dua desa yaitu Desa Katurai dan Desa Pasakiat Taileleu dengan realiasi program sebanyak 1202 bidang tanah dari target awal sebanyak 1846 bidang tanah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Stanislaus Atalim, S.H., M.H.,
Uncontrolled Keywords: Pendaftaran Tanah, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Peraturan Menteri ATR/BPN
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2023 03:41
Last Modified: 13 Jan 2023 03:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38156

Actions (login required)

View Item View Item