Analisis Yuridis Penerapan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 46/Puu-Viii/2010 Terkait Hubungan Keperdataan Anak Luar Kawin Dengan Ayah Kandungnya Dalam Akta Notaris

Yohanes, Joshua (2022) Analisis Yuridis Penerapan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 46/Puu-Viii/2010 Terkait Hubungan Keperdataan Anak Luar Kawin Dengan Ayah Kandungnya Dalam Akta Notaris. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Joshua Yohannes_217202030.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab Isi_Joshua Yohannes_217202030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Joshua Yohannes_217202030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
Lampiran_Joshua Yohannes_217202030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 46/PUU-VIII/2010 telah memberikan dampak bagi kedudukan seorang anak luar kawin. Dengan berlakunya putusan tersebut, maka timbul hubungan hukum antara anak luar kawin dengan ayah biologisnya. Jurnal ini membahas bagaimanakah kedudukan anak luar kawin setelah adanya putusan tersebut dan bagaimanakah penerapan putusan tersebut dalam akta Notaris, dalam hal ini Surat Keterangan Waris. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian hukum normatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan menelaah norma, peraturan perundang-undangan dan teori hukum terkait penerapan putusan tersebut di atas terkait hubungan keperdataan anak luar kawin dengan ayah kandungnya dalam akta Notaris. Hasil dari penelitian adalah Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 46/PUU-VIII/2010 tersebut tidak serta merta berlaku dan menjadi dasar bagi hubungan nasab antara anak luar kawin dengan ayahnya, akan tetapi dapat dilakukan melalui persidangan di Pengadilan, yang terlebih dahulu membuktikan hubungan nasab tersebut berdasarkan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau alat bukti lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Benny Djaja, S.H., S.E., M.M., M. Hum., M.Kn.
Uncontrolled Keywords: Putusan..Mahkamah..Konstitusi,.Anak..Luar..Kawin, Surat Keterangan Waris, Notaris
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2023 04:10
Last Modified: 13 Jan 2023 04:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38161

Actions (login required)

View Item View Item